Cara Memulihkan Mental Cendet Yang Ngedrop

Burung Cendet kerap mengalami stress bahkan ada yang menyebutnya ngedrop yang disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah sangkar burung habis jatuh, burung ngedrop karena kalah mental dengan burung yang lebih dew4sa, burung stress karena habis perjalanan jauh. Berbagai cara patut dicoba untuk memulihkan mental burung yang ngedrop seperti ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memulihkan mental dan stamina burung adalah :
Karena burung cendet adalah burung predator yang cukup ganas, maka dengan memberinya mangsa hidup akan mampu menaikkan mentalnya, mengembalikan keberaniannya  untuk menguasai daerah teritorialnya. Adapun mangsa yang umum diberikan untuk burung cendet adalah Cicak Hidup, Untulan Hidup, Kelabang, Jangkrik Hidup.

Proses Pengembunan, Pemandian, Pemberian EF, Penjemuran dan Pemberian Mangsa dapat diberikan secara bergantian atau di kombinasikan dalam tempo waktu tertentu. Perawatan lainnya adalah dengan mengurung (kerodong) hingga Cendet merasa tenang ditempat baru. 

Bila burung dikerodong tidak juga merasa lebih nyaman dan mau diam setelah beberapa waktu lamanya, maka perlu juga dicoba melakukan Umbaran, yaitu membiarkan burung dalam kondisi terbuka sepanjang waktu (siang dan malam) ditempat yang sama ditempat yang sering dilalui orang, sementara perawatan lainnya tetap dilakukan seperti biasa. Karena tanpa memberi kerodong akan membiasakan burung dengan keadaan sekitar, sehingga memaksanya untuk bisa tenang di lingkungan baru itu. Asalkan tidak ada burung Cendet lain yang berkicau, maka burung cendet stress dilingkungan baru ini akan lebih cepat pulih.

Perawatan yang sabar dan konsisten adalah inti dari keberhasilan merawat burung cendet, Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala