Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Burung Cende/Pentet/Toet memiliki ilmu kanuragan (keahlian) yang berbeda dengan burung kicauan lainnya yaitu mampu terbang sambil salto di udara. Meskipun berada di dalam sangkar yang sempit Burung Cendet tetap bisa salto, bahkan terkadang tidak peduli ekor rusak atau bulu kepala yang rusak. Sebagai pecinta cendet tentu berharap Cendetnya mau berkicau nagen atau berkicau sambil tetap berdiri tegak. Lalu bagaimana bila kebiasaan Salto tersebut terus dibawa ke gantangan atau berkicau sehari hari? Tentu bakal merepotkan dan menjengkelkan bukan? 

Mungkin stamina dan mental burung anda tidak dalam kondisi bagus sehingga anda membutuhkan Cara melatih mental burung dan Cara meningkatkan Stamina burung

Berdasarkan pengalaman teman teman kicaumania dan ilmu dari master Cendet, berikut ini kami Gembala Kicau Mania ingin berbagi tips Cara Mengatasi Burung Cendet Salto :

  • Burung Cendet salto biasanya karena over birahi (OB) atau dalam masa adaptasi sehingga mentalnya masih takut. Sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan pemandian yang cukup hingga basah kuyup.
  • Kurangi penjemuran, dalam sehari cukup dijemur 1 jam saja cukup untuk mengeringkan bulu yang basah.
  • Pengurangan EF - meski sebagian KM ada yang tidak setuju dengan teknik ini, namun pengurangan EF hingga 0 atau 1 jangkrik saja terbukti efektif menurunkan birahi dan membuat burung menjadi cool.
  • Kerodong, untuk meredam emosi dan birahi kerodong burung dengan kerodong yang rapat dan tidak tembus pandang bin gelap.
  • Rubah posisi pangkrigan/tenggeran dua batang saling silang atau sejajar. Ada juga KM yang menambah tenggeran menjadi 3 s.d 5 tenggeran agar tidak ada ruang untuk cendet salto.
  • Berdasarkan pantauan Gembala, memandikan Cendet malam hari merupakan cara paling jitu untuk mengatasi cendet salto.

Selamat mencoba yaa teman teman kicau mania, semoga burung cendet anda tidak lagi salto dan banyak tingkah dengan beberapa alternatif mengatasi cendet salto diatas. Bila dengan cara diatas masih belum juga menyelesaikan diatas silahkan Comment, atau anda memiliki cara jitu lainnya juga boleh menambahkannya.

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala