Cara Tepat Mencabut Ekor Burung Yang Rusak

Burung yang akan memasuki masa pergantian bulu ditandai dengan kusamnya bulu dan mulai geripisnya ujung-ujung bulu tersebut yang bisa dilihat pada ujung bulu ekor atau sayap. Beberapa litelatur yang telah Admin baca, untuk burung yang akan mabung atau memasuki masa pergantian bulu sebaiknya tidak dicabut, melainkan di rangsang dengan pemberian pakan yang cukup sehingga bulu akan rontok dengan sendirinya, selain itu jangan pula memberikan obat perontok bulu karena bisa mengakibatkan burung tamah stress bahkan mengalami kematian.

Lain halnya untuk burung yang ekornya rusak atau patah-patah akibat kesalahan dalam membawa burung karena dimasukkan dalam wadah yang kurang lebar atau nanggung, untuk itu pelajari dengan seksama cara membawa burung jarak jauh dengan tempat selain sangkar. 

Burung yang ekornya rusak atau patah membuat burung tidak nyaman, selain itu burung juga tampak kurang indah, hal ini sesuai dengan pengalaman Putera Gembala saat menerima seekor burung cendet dari teman yang dikirim dari Madiun dengan moda transportasi sepeda motor yang dimasukkan dalam kardus bekas kotak snack. 

Setibanya di Surabaya burung dimasukkan sangkar, karena burung merasa tidak nyaman yang tampak dari usahanya untuk mencabut bulu ekor tersebut maka selaku pemilik yang mengerti keinginan burung cendet tersebut akhirnya membantunya agar ekor segera terlepas. 

Berikut ini adalah Cara Tepat Mencabut Ekor Burung yang rusak dan burung tidak stress akibat proses ini :
  • Burung dimandikan hingga basah kuyup
  • Kemudian tangkap burung dengan perlahan dan penuh kasih sayang
  • Semprot lagi bagian pangkal ekor hingga benar-benar  basah.
  • Kemudian cabut semua bulu ekor yang rusak secara perlahan.
  • Setelah semua tercabut kembali semprot pangkal ekor dengan air bersih atau antiseptic agar pori-pori tidak menutup dan merangsang pertumbuhan ekor baru.
  • Masukkan kembali burung ke dalam sangkarnya, kemudian berikan jangkrik 5 ekor
  • Kemudian burung di angin-anginkan sampai kering barulah di kerodong dan burung kembali disimpan.

Itulah Cara yang mudah dan tepat mencabut ekor burung yang rusak akibat kesalahan dalam transportasi maupun akibat burung yang trengginas sehingga burung merusak ekornya sendiri. Untuk tips selanjutnya adalah Cara Mempercepat Pertumbuhan Ekor.

Salam Kicau mania....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala