Legenda Sangkar Koh San

Berbicara tentang burung, kicau mania tentu tidak akan pernah luput dengan sangkar, karena burung peliharaan pasti akan dirawat di dalam sangkar. Pada zaman dahulu pemelihara burung hanyalah kaum ningrat atau orang yang berada, karena pada zaman dahulu pemikiran orang sangat sederhana...
Untuk makan sendiri saja sulit kok mau merawat burung

Tuan Hoo Poo San atau lebih dikenal dengan nama Koh San adalah sosok yang sangat terkenal sejak era 1970 an sebagai produsen sangkar berkualitas tinggi, yaitu sangkar Kosan / Koh San. Sangkar yang diproduksi oleh beliau (telah wafat) benar-benar presisi dan berkualitas, adapun bahan yang digunakan adalah bahan pilihan dari kayu jati pilihan, menggunakan ruji bambu yang tua dan diambil bagian kulitnya saja. 

Koh Ho Poo San telah tiada, saat ini penerus beliau adalah puteranya yang bernama Witoyo Santoso yang mulai memproduksi sangkar sejak tahun 2003, untuk menjaga kualitas sangkar yang telah melegenda itu Om Witoyo tetap meneruskan tradisi ayahnya yang selalu mengandalkan bahan yang berkualitas, teknik perakitan dan pengecatan yang baik. 

Pengecatan sangkar Koh San dilakukan bukan dengan cara disemprot, melainkan dengan cara manual menggunakan kuas, adapun proses pengecatannya dilakukan hingga 4 kali pengecatan untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Anda berminat dengan sangkar Koh San? 
Sangkar kohsan asli hanya dapat dibeli langsung di workshop Om Witoyo, Jl Simo Tambaan Sekolahan No 34-36, Surabaya. Om Witoyo
Stand / Toko Sangkar Koh San Om Witoyo :
Pasar Burung Bratang Surabaya, Lantai 2 Blok A. No. 23.

Jenis Sangkar Kohsan sangat beragam, mulai dari model segi empat, model persegi panjang, sangkar burung branjangan, sangkar umbaran hingga sangkar untuk ternak kenari maupun sangkar untuk memandikan burung.

Sangkar Koh San koleksi Om Witoyo
Sangkar Koh San yang telah melegenda itu ternyata dimanfaatkan oleh pengrajin sangkar dan pedagang sangkar dengan mendompleng  nama besar Koh San yang telah terkenal dari masa kemasa baik di lokal maupun internasional itu agar dagangan mereke laris. Namun kualitas yang dihasilkan dari pengrajin tembakan itu tidaklah sebaik yang aslinya yang hanya bisa didapatkan dari om Witoyo.

Akhirnya terjawab sudah legenda sangkar Koh San itu, pertanyaan mengapa di beri nama sangkar Koh San, ternyata karena produsen atau yang membuat sangkar presisi yang kuat dan tahan bertahun-tahun itu adalah Tuan Hoo Po San yang berupakan pria yang berketurunan dari Tionghoa dan tinggal di Surabaya.

Itulah legenda tentang sangkar Koh San yang dapat Gembala News bagikan untuk rekan-rekan kicau mania agar dapat dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dikemudian hari, adapun sangkar kosan yang banyak beredar di pasaran saat ini mungkin memang sangkar kosan yang bukan asli karena penulisan yang benar adalah SANGKAR KOH SAN.





0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala