Burung Cendet Nagen

Sebagai penghobi kicauan burung cendet tentu saja berharap memiliki Cendet yang berkicau Nagen, yaitu burung Cendet yang bila berkicau tidak banyak tingkah, diam ditempat tangkringan yang di istilahkan juga dengan mancep, sambil berkicau dan kepalanya bergoyang geleng geleng. Untuk mendapatkan burung semacam ini Gembala News memiliki tips dari Mr. Chen tentang bagaimana cara perawatan dan karakter burungnya, Mr Chen Berkata :
  • Sebisa mungkin pilih burung Cendet yang berbodi ramping dan panjang, kepala hitam full atau di istilahkan dengan blangkon, hal ini untuk mempertegas jenis kelamin jantan dan tampak gagah - inilah ciri ciri burung yang memiliki karakter ngoceh nagen.
  • Untuk perawatan, Setiap hari dimandikan pagi dan malam hari.
  • Bangun pagi jam 6, burung dikeluarkan barang 30 menit, kemudian dimandikan sampai puas, setelah itu berikan EF sesuai settingannya (Mr. Chen memberi 3 - 4 ekor jangkrik) kemudian Jemur di matahari tanpa penghalang hingga pukul 10-11 siang.
  • Jam 11 burung di ambil kemudian di teduhkan, setelah 30 menit s.d. 1 jam burung di kerodong lagi hingga malam.
  • Pukul 7 atau 8 malam, setelah anda longgar juga udah selesai mandi, burung di keluarkan dari garasi, kemudian di angin2kan, berikan jangkrik 2 ekor, kemudian mandikan sampai puas, setelah itu angin anginkan sampai bulunya kering dan burung bisa dikerodong lagi. 
  • Besok paginya juga demikian, kecuali mau di latberkan. 

Untuk persiapan Latber/Lomba, tunggu artikel kami selanjutnya tentang Settingan Cendet Lomba.

Hasil dari Settingan Seperti diatas, untuk cendet harian kira kira menghasilkan Cendet seperti Video berikut ini, Asli milik Mr Chen yang sudah Sold Out meski belum pernah ke gantangan.


Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala