Ciri Ciri Burung Cendet Yang Baik

Burung Cendet yang baik adalah yang memiliki kemampuan berkiau yang rajin yang di istilahkan dengan Ngeroll, Nembak dan Nagen. Ngeroll artinya burung memiliki kemampuan untuk menyanyikan beberapa lagu isian secara terus menerus secara bergantian sehingga menghasilkan irama kicauan yang menarik. Tinggi rendahnya nada dalam ocehan menjadi daya tarik tersendiri pada saat burung bisa melakukan Rolling lagu. Nembak adalah istilah untuk burung yang memiliki andalan dalam berkicau yang dilantunkan dengan nada sangat tinggi dan kencang. Sedangkan Nagen adalah gaya berkicau burung cendet yang hanya diam di tangkringan sambil berkicau dengan terus menggoyang goyangkan kepala. 

Menurut kami, tidak ada dominasi daerah tertentu yang mampu menghasilkan burung cendet terbaik kecuali pola perawatan dan kemampuan si pemelihara dalam merawat burung. Meski ada yang beranggapan bahwa burung Cendet Madura sangat baik dan Burung Cendet Kepala Hitam memiliki keistimewaan, namun kami memiliki catatan tersendiri dengan Ciri Ciri Fisik Burung Cendet Yang Baik :

  • Pilihlah burung cendet yang memiliki paruh berwarna hitam legam, tebal dan panjang - ciri ini menandakan burung memiliki suara yang keras dan ngeroll
  • Pilih burung cendet yang memiliki mata bulat dan besar, sehat, dan cerah - ciri ini menandakan memiliki pandangan yang tajam sehat dan responsive.
  • Pilih burung cendet yang lubang hidungnya paling dekat dengan mata - ciri menandakan burung memiliki nafas yang kuat sehingga tidak mudah lelah saat berkicau.
  • Kepala yang rata/cepak dan warna hitamnya lebih dominan - ciri ini menandakan burung cendet jantan dan tampak lebih tampan.
  • Kepala dan lehernya besar dan serasi agar bisa menghasilkan suara yang keras dan perkasa.
  • Pilih yang berbulu dada berwarna dominan putih bersih, ciri seperti ini burung akan tampak lebih perkasa dan disegani lawan.
  • Kaki yang besar, sehat dan tidak cacat, kalau berdiri bisa tegak lurus untuk mendukung kemampuan berkicaunya yang kuat dengan daya cengkram kaki yang kuat pula.
  • Sayap yang selalu diapitkan di atas punggung, menandakan kesehatan burung - karena burung yang sakit biasanya akan tampak menjatuhkan sayapnya.
  • Ekor yang panjang dan tampak tersusun rapi untuk keindahan dan keserasian burung sehingga burung akan memiliki nilai lebih.

Itulah ciri ciri fisik burung cendet yang baik semoga bermanfaat untuk teman teman kicau mania junior. Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam catatan kami ini, bagi yang sudah senior boleh memberikan komentar yang sifatnya perbaikan. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala