Burung Cendet Hanya Bunyi Toet Toet dan Goyangin Ekor

Sahabat Cendet Mania pernah lihat atau mengalami burung cendet kesayangan banyak tingkah, goyangin ekor dan bunyi toet-toet aja apa tidak? Untuk yang sudah bertahun tahun memelihara dan merawat burung cendet pasti pernah mengalaminya bukan? Pertanda apakah ini? mari kita pelajari sifat dan karakter burung cendet yang liar dan mudah beradaptasi.

Cendet merupakan burung yang memiliki teritorial atau daerah kekuasaan, burung ini akan segera beradaptasi dengan lingkungan baru dengan mudah bila lingkungan itu mendukung untuk kehidupan dan kenyamanannya. Salah satu sifat cendet adalah beringas dan galak, pandai salto atau berputar di udara sambil terbang.

Burung yang bertingkah seperti yang kami sebutkan diatas di duga karena burung sedang beradaptasi dengan lingkungan baru, bila lingkungan mendukung tingkah seperti itu akan berlangsung sementara atau sebentar, namun bila lingkungan mengerikan atau tidak nyaman baginya tentunya burung akan mengalami stress. Sehingga burung akan bertingkah berputar dan meliuk liukkan ekornya tak henti henti.

Itulah pemahaman Gembala atas burung cendet yang suka memutar-mutarkan ekor, sering salto sendiri, menjatuhkan badan dan hanya bunyi toet toet.

Solusinya, Asingkan burung dari burung sejenis cendet, Kerodong dan beri makanan EF yang cukup hingga burung mau berbunyi di dalam sangkar berkerodong. Perawatan ini tentu hanya berlaku untuk burung cendet yang sudah berkicau, bukan burung bakalan liar.

Sekian, Salam Kicau Mania

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala