Perawatan Harian Burung Lovebird

Burung Lovebird termasuk dalam jenis burung kicauan yang cerdas juga, meskipun awalnya hanya dianggap sebagai burung masteran. Hal ini terjadi karena burung lovebird juga memiliki kemampuan untuk merekam dan menirukan suara burung lainnya. Dengan perawatan harian yang konsisten Lovebird akan menjelma menjadi burung kicauan yang handal, Cerewet dan mampu ngerolling lagu lagu yang dikuasainya dengan baik. Berikut ini Gembala News akan berbagi tips Cara Perawatan Harian Burung Lovebird.

Perawatan Burung Lovebird
  • Jam enam pagi burung dikeluarkan dari garasi burung, kerodong di buka dan di angin anginkan di sinar matahari pagi.
  • Jam setengah tujuh burung dimandikan pakai semprotan secukupnya, kemudian pakan diganti atau ditambah beserta minumannya.
  • Berikan sayuran segar, atau buah segar. Sayuran segar dapat berupa Kangkung muda atau pun setongkol jagung muda. Untuk lovebird remaja sebaiknya jagung muda cukup diberikan seminggu sekali, sedangkan sayuran setiap hari.
  • Kemudian burung di jemur hingga pukul 9 pagi atau pukul 8 jika anda ingin berangkat kerja. Satu jam penjemuran sudah cukup membuat bulu bulu menjadi kering.
  • Jam 9 burung diambil dari jemuran dan di taruh diteras.
  • Jam 11 siang burung kembali di kerodong sambil di dengarkan suara masteran, Masteran lovebird dapat berupa suara Belalang, cililin, Tengkek buto secara bergantian.
  • Jika ada waktu setiap sore sekitar pukul 4-5 burung dibuka kerodongnya untuk di angin anginkan.
  • Di dalam sangkar burung lovebird harus selalu disediakan asinan ikan sotong untuk menambah kebutuhan kalsium burung lovebird.
  • Berikan vitamin seminggu sekali secara rutin
  • Bersihkan sangkar setiap hari sewaktu pemandian burung.
  • Sebaiknya memilihara burung lovebird lebih dari satu agar burung lovebird merasa memiliki teman sehingga secara physicis burung merasa senang. usahakan saat penjemuran burung di letakkan secara berdekatan agar dapat saling memandang satu dengan yang lainnya, karena burung lovebird termasuk burung yang suka berkoloni.
Itulah perawatan harian burung lovebird secara umum, sedangkan perawatan lomba dapat anda lihat pada artikel kami sebelumnya tentang Persiapan Lovebird Menjelang Lomba.

2 comments:

argapranaya zikri said...

semua harga burung tidak bisa bertahan naik secara terus menerus semua ada klimaksnya dan ada waktunya harga kembali normal itu semua hukum alam apalagi sekarang peternak lovebird sudah menjamur orang berlomba2 untuk beternak love bird sudah banyak contoh riil yang terjadi contoh ikan lohan, bunga gelombang cinta, ayam ketawa dulu harganya selangit tapi seiring perjalanan waktu skrg malah tidak laku jika benar2 penghobi burung mungkin anda tidak mempermasalahkan masalah kenaikan harga namun jika anda pebisnis itu lain hal anda harus mengikuti trends dari waktu ke waktu. silahkan pertimbangkan untuk diri anda sendiri anda type yang mana??

Putera Gembala said...

it's right bro argapranaya, Naik turunnya harga suatu barang kan ditentukan oleh sikap konsumen. Kalo banyak permintaan maka harga akan melambung tinggi, tapi bila daya beli menurun maka harga burung akan turun. Trima kasih atas masukan dan kunjungannya.

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala