Perawatan Lovebird Juara Lomba

Cara merawat lovebird juara sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan perawatan lovebird pada umumnya, hanya dalam hal ini kebetulan yang dirawat oleh mang Jujuk Bos Batagor adalah burung lovebird juara yang sudah beberapa kali memenangi Latbet di surabaya. Terkadang orang memiliki tips khusus yang dirahasiakan untuk burung  juara lomba, namun Jujuk kali ini akan berkoar sekilas mengapa burung gacoannya bisa juara di latberan kepada Gembala-News.

"Dengan perawatan yang rutin dan sabar ternyata burung biasa pun bisa menjadi burung luar biasa, sehingga harga burung ini akan melebih Standar Harga Burung pada umumnya."

Tidak ada menu atau treatment khusus yang dilakukan atas gacoannya dalam rawatan harian, bila ditinjau menunya pun hampir sama rata rata dengan burung kicauan lainnya. Adapun yang dilakukan setiap hari adalah Bangun pagi mengeluarkan sangkar dan membuka kerodongnya, di anginkan sebentar trus di mandikan dengan cara disemprot halus, kemudian burung dijemur hingga pukul 10 atau pukul 11 paling telat. Adapun makanan hariannya adalah Milet putih dan 5 biji kuaci.

Berbeda bila menjelang lomba, dua hari mau lomba burung diberi menu tambahan Setengah tongkol jagung muda manis dan digantungkan ditepi sangkar, burung tetap dimandikan di -2 dan penjemuran seperti biasa. namun di hari -1 burung sudah tidak dimandikan lagi, sementara Jagung tetap diberikan. di hari -1 burung juga tidak dijemur, kecuali hanya diangin anginkan sambil dipantau kesiapannya menjelang lomba besok.

Untuk kebersihan, sangkar setiap hari oleh mang jujuk di bersihkan dari kotoran burung maupun sisa makanan burung yang menumpuk di dasar sangkar.

Ternyata metode sederhana mang Jujuk itu membuahkan hasil sehingga, Labet kesayangannya itu pun meraih beberapa trophy di latberan. dan satu lagi tips yang disampaikan oleh mang jujuk kunci sukses menghasilkan burung juara itu ada pada "Konsisten dan Sabar" + "berdoa".

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala