Membedakan Kemade Jantan dan Betina

Burung Kemade atau burung cabe-cabean jawa (scarlet-headed flowerpecker) merupakan burung pemakan buah dan serangga kecil, burung ini sangat cocok untuk masteran atau pendamping burung Pleci agar cepat berkicau karena burung kemade di alam liar juga kerap berkoloni dengan Pleci ketika berburu makanan. Perlu diketahui bahwa burung kemade yang rajin berkicau dengan cerecetan yang beragam adalah Kemade Jantan, maka pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tulisan tentang Cara Membedakan Kemade Jantan dan betina. lihat video Kicauan Kemade disini.

Dalam membedakan kelamin burung kemade termasuk sangat mudah dengan melihat warna bulu di kepala dan lehernya. Lihat gambar dibawah ini :



Membedakan jenis kelamin kemade relatif mudah dilakukan dengan melihat warna bulu di sekujur tubuhnya. Burung jantan memiliki warna bulu merah padam atau agak jingga pada bagian kepala, punggung, tunggir, dan dada. Bagian perut berwarna putih keabu-abuan, serta ada bercak putih pada lengkung sayapnya.

Adapun burung betina hanya memiliki warna merah di bagian tunggir / tungging / pantat saja. Tubuh bagian atas berwarna cokelat. Sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih kusam.

Burung kemade atau burung keresan merupakan burung endemik Indonesia yang populasinya sangat banyak di Indonesia, mulai pulau jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi dan beberapa pulau lain di Indonesia. adapun makanan utama burung ini adalah buah, maka dalam Perawatan pun tidak boleh melewatkan burung ini dari buah, bila sehari saja kehabisan buah burung ini bisa ngedrop dan sakit.

Meskipun pada akhirnya burung kemade bisa makan voer, namun sebagai perawat anda tak boleh melewatkan buah sebagai makanan utamanya.

1 comments:

Unknown said...

Di usia matang gonat / DEWASA mudah utk membedakan.!!!
jikalau di USIA 4bulan Lebih Sulit membedakan JANTAN 7 BTINAnya Gan!

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala