Cara Mempercepat Pertumbuhan Ekor Burung Cendet Yang Brodol

Sifat predator burung cendet yang gemar salting di sangkar terkadang sering mengakibatkan ekor burung menjadi rusak, patah-patah atau keriting. Selain sifat agresif tersebut kerusakan ekor burung dapat diakibatkan kesalahan saat membawa burung dari satu daerah ke daerah lain yang dimasukkan kedalam wadah  yang sempit sehingga gerakan burung merusak ekornya. Kondisi ekor yang rusak mengakibatkan burung tidak lagi indah, sehingga sebagian pecinta burung akan mencabutnya dan berharap ekor segera tumbuh baru yang lebih rapi dan tertata.

Kegelisahan dirasakan kicau mania dikala ekor burung tak juga tumbuh setelah dicabut, lebih parahnya lagi ada burung yang langsung membisu setelah dicabut ekornya. Harus berapa lama menunggu pertumbuhan ekor baru? berdasarkan analisa kami, cepat atau lambatnya pertumbuhan ekor burung di pengaruhi oleh nilai kecukupan gizi burung, vitamin E, vitamin K, Phosfor, Magnesium dan lemak tak jenuh serta berbagai unsur mineral lainnya.





Untuk itulah, disini kami menyimpulkan bahwa cara mempercepat pertumbuhan ekor burung cendet yang sengaja di brodol atau rontok secara alami dapat ditempuh dengan cara memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu secara alami, yaitu dengan memberikan EF yang rutin. Adapun EF yang baik untuk pertumbuhan bulu adalah Jangkrik Segar yang mana jangkriknya juga harus diberi makan sayur mayur, bukan jangkrik yang kelaparan dan hanya makan kardus wadah telur. 


Selain Jangkrik Segar, anda juga dapat memberikan Kroto Segar, karena kandungan gizi pada jangkrik dan kroto sangat baik merangsang pertumbuhan bulu ekor baru yang sehat dan mulus. 

Itulah nutrisi yang perlu diberikan untuk mempercepat pertumbuhan bulu ekor burung cendet, lebih dari itu perawatan lain juga diperlukan yaitu dengan memandikan burung secara rutin setiap pagi, kemudian menjemurnya hingga pukul 10, karena penjemuran yang cukup juga akan merangsang pertumbuhan bulu ekor, sementara pemandian bertujuan untuk menyegarkan pori-pori agar tidak kering (buntu) sehingga memperlambat tumbuhnya bulu baru. 

Mengkombinasikan perawatan yang rutin, pemberian pakan EF yang cukup adalah cara jitu mempercepat pertumbuhan ekor burung cendet, bila anda merasa pemberian EF kurang memberi efek maksimal dapat juga memberikan multivitamin, ada pun multivitamin itu bisa anda beli di banyak tempat penjual pakan burung, meskipun vitamin yang digunakan manusia juga boleh diberikan pada burung namun pada kadar yang sedikit dapat juga anda coba. Pemberian vitamin ini dapat diberikan seminggu sekali.

Menurut catatan kami, jangan terlalu memanaskan burung hingga lebih dari jam 10 disaat bulu ekor baru mulai tumbuh, karena bulu yang masih muda bila kena terik matahari akan cepat kusam. itulah tips yang dapat kami bagikan di tengah malam ini, semoga bermanfaat untuk cendet mania sekalian, tetaplah di Gembala News dan dapatkan info menarik seputar burung  berkicau.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala