Lamanya Masa Mabung Burung Cendet

Masa Mabung atau masa pergantian bulu burung cendet adalah masa yang sangat melelahkan bagi si burung dan masa yang paling menjemukan bagi si pemilik. Pergantian bulu burung ini merupakan proses regenerasi bulu, sehingga bulu yang lama akan terlebih dahulu rontok kemudian akan berganti bulu baru yang lebih halus dan lebih bagus. ini adalah proses alamiah yang tidak perlu kita paksa dengan mencabutnya atau memberinya obat perontok. Karena pemaksaan perontokan merupakan penyiksaan dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan si burung cendet. Lalu berapa lama proses mabung burung cendet itu?

Berdasarkan pengalaman kami, burung cendet memiliki masa mabung yang tidak sama antara satu burung dengan burung yang lainnya, semua dipengaruhi oleh sistem metabolisme tubuh juga faktor lingkungan. dalam catatan kami proses mabung bisa terjadi antara 2 bulan hingga 3 bulan. Jadi, kita selaku pecinta burung Cendet harus lebih sabar dalam merawat burung ini selama masa mabung. 

Asupan makanan bergizi yang mengandung cukup vitamin dan mineral menjadi faktor x yang  mempengaruh proses mabung dari dalam, untuk itu selama masa mabung anda harus memperhatikan ketersediaan makanan yang diharapkan, yaitu dengan menambah Extra Food sebagai penyuplai vitamin dan mineral sehingga proses mabung dapat terjadi dengan lebih cepat. Sementara Faktor luar adalah faktor perawatan, burung selama masa mabung harus dikondisikan dilingkungan yang nyaman tidak terlalu kering dan tidak terlalu dingin, serta berada ditempat yang sepi, Kebersihan sangkar harus diperhatikan, pemandian juga cukup dilakukan seminggu satu kali.

Hal penting dalam masa mabung adalah, ini waktu yang tepat untuk melakukan pengisian suara atau pemasteran, karena dalam masa mabung burung akan lebih banyak diam daripada berkicau. sehingga burung akan lebih berkonsentrasi dalam merekam apa yang didengarnya.

Kesimpulannya, karena masa mabung terjadinya tidak pasti dan lamanya juga tidak tentu maka kami sarankan anda untuk lebih sabar menjalani siklus tahunan burung ini.

Salam Kicau Mania....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review