Cara Merawat Burung Kemade (Cabe-Cabean Jawa)

Burung Cabe Jawa, burung yang mungil dengan suara cerecetan panjang bila telah mencapai masa dimana burung ingin berkembang biak, burung jantan akan melantunkan beberapa lagu yang dikuasainya untuk memanggil burung Betina. Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya membedakan jenis kelamin burung kemade sangatlah mudah bila burung telah d'wasa, namun burung yang telah d'wasa akan sangat sulit untuk kita jinakkan, untuk itu lebih baik bila anda memelihara burung kemade dari yang masih anakan.

Alasan memilih kemade anakan adalah karena burung yang masih muda akan lebih mudah berdaptasi dengan sang juragan, sehingga kelak burung akan menjadi lebih jinak dan akan berkicau bila di dekati orang. Berdasarkan pengalaman saya burung kemade yang masih lolohan akan lebih cepat jinak dan lekas berbunyi bila dipelihara dengan sabar.

Adapun makanan yang bisa diberikan  untuk burung Kemade anakan adalah buah pisang kepok yang telah matang, lolohkan setiap dua jam sekali bagi burung yang belum mau makan sendiri. Agar lebih cepat jinak, sebaiknya burung Kemade juga dimandikan dengan semprotan hingga basah. 

Agar stamina burung terjaga air minum dapat diberikan madu atau diberi vitamin, karena burung kemade termasuk burung yang rentan sakit dan mudah lemas. 

Hanya sebagai flashback, saat ini harga bakalan burung kemade dipasar  kupang adalah berkisar 25rb-40rb, tergantung kondisi burungnya, sedangkan untuk burung yang sudah greceh atau rajin berkicau tentu saja akan berbeda harganya tergantung si penjual dan sipembeli yang tidak ada patokannya, asalkan suka sama suka dan setuju deal to deal nya.

Meskipun burung ini sangat greceh dan memiliki kicauan yang baik, sebenarnya tempat terbaik baginya adalah di alam liar, karena burung ini termasuk burung yang baik dalam menjaga ekologi, karena buah yang dimakan burung ini dan bijinya dibuang lewat feses-nya akan tumbuh dimana pun tempat, sehingga burung ini sangat membantu penyebaran aneka jenis pohon dimana pun tempat, seperti penyebaran pohon keres (cherry), pohon beringin, Cabe dan berbagai jenis pohon perdu lainnya.

Burung kemade merupakan burung pemakan buah dan serangga kecil, sehingga dalam pemeliharaan anda dapat memberikan buah pisang yang telah matang dan empuk, buah keres, apel dan Ulat kandang. Karena mulut burung ini kecil, jadi anda jangan memberinya jangkrik atau UH. 

Demikian artikel dari saya tentang burung kemade (cabe jawa), semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala