Cara Merawat Burung Betet

Burung Betet adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang sangat populer jauh sebelum burung Lovebird dikenal masyarakat kita. Yaa burung betet pernah dianggap sebagai burung hama pada waktu itu tahun 80an karena burung ini suka memakan padi dan jagung di kebun petani. Namun keberadaan burung betet saat ini sudah mulai langka di alam bebas karena maraknya perburuan untuk diperdagangkan. Burung ini memiliki sifat cepat jinak dan memiliki kemampuan melakukan berbagai atraksi sehingga banyak orang menyukai burung ini untuk burung peliharaan. 

Betet kalung koleksi ragunan zoo
Merawat Burung Betet relatif mudah karena burung ini termasuk burung yang menyukai biji-bijian, sayur dan buah. Sehingga akan ada banyak makanan yang bisa anda berikan pada burung ini. Dalam keseharian anda bisa memberikan Jagung muda agar burung cepat besar dan merupakan makanan kesukaan burung betet dan burung parrot lainnya.

Perawatan Intensif Burung Betet
  • Gunakanlah sangkar dari bahan besi atau kawat baja yang biasa digunakan untuk merawat burung lovebird, karena burung ini memiliki paruh yang tajam berbentuk bengkok yang bisa mematahkan sangkar kayu.
  • Setiap hari burung dikeluarkan dari rumah sekitar jam 6, dan dijemur dimatahari pagi.
  • Setelah jam 7, burung dimandikan dan sangkar dibersihkan. memandikan Betet bisa dengan cara di semprot ringan dan halus.
  • Setelah mandi, burung diberi jagung muda 1 tongkol, adapun sayuran yang dapat diberikan adalah Sawi putih, kangkung dan selada, dimana metode pemberiannya dapat dilakukan secara bergiliran. 
  • Selain sayuran, anda juga memberi biji-bijian seperti halnya makanan burung lovebird.
  • Penjemuran dapat dilakukan hingga pukul 9-10.
  • Kemudian burung diambil dan ditaruh di teras, selanjutnya burung bisa diperdengarkan suara-suara masteran agar burung bisa menirukan suara burung yang lain. karena burung ini termasuk burung yang cerdas. adapun masteran yang bisa di tirukan burung ini dan bagus adalah suara burung cililin, tengkek buto dan suara lovebird.
  • Sore hari, sisa makanan sayur dan jagung diambil kemudian burung dimasukkan ke dalam rumah, boleh dikerodong boleh juga tidak tergantung kebiasaan.


Itulah Cara merawat burung betet yang dapat saya bagikan di Gembala News untuk rekan-rekan pecinta burung dimana pun anda berada.. Dengan latihan dan perawatan yang konsisten burung ini akan memiliki kemampuan yang unik.

Selamat mencoba....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala