Burung Lovebird Dakocan

Agan-agan tau Dakocan? sebuah nama yang lucu tapi ini bukan badut atau boneka dakocan melainkan nama yang diberikan untuk seekor burung Lovebird yang memiliki Topeng berwarna hitam. Pada saat masih tenar, jenis Lovebird Dakocan ini harganya lebih tinggi daripada harga burung Lovebird Ijo Standard. Namun seiring berjalannya waktu dengan popularitas yang menurun harganya pun turut merosot bersamaan dengan burung-burung lainnya seperti dalam berita Daftar Harga Burung Bakalan 2015, kecuali beberapa burung yang termasuk burung terfavorite, seperti : Murai, Cucak  ijo dan Kacer.

Harga LB Dakocan
Harga LB Dakocan Tahun 2012/2013 : +/- Rp. 700.000, dan mengalami penurunan harga ditahun berikutnya hingga sekarang Harga Lb Dakocan Tahun 2014 : +/- Rp. 250.000 | Harga ini hanyalah harga pasaran, sedangkan untuk yang memiliki trah juara dan ngekek panjang tentu saja harganya lebih mahal.

Bagi pecinta burung lovebird tentu saja sudah hafal betul nama dan ciri dari burung tersebut, namun bagi yang masih belajar atau awam tentang burung lovebird, tentu saja nama itu seakan guyonan atau lelucon, bahkan tak jarang berkomentar "ada ada saja namanya". Untuk menjawab keraguan dan ketidak pastian daripada jenis burung tersebut,  kali ini saya ingin sampaikan Ciri Ciri Lovebird Dakocan.

Ciri Ciri Lovebird Dakocan
Entah siapa yang memberi nama sebagus itu yang jelas burung ini memang memiliki ciri-ciri yang unik dan nama tersebut telah populer dikalangan pecinta lovebird dan seakan menjadi nama resmi, jantan atau betina sama saja model penampilannya. LB Dakocan sebenarnya adalah jenis burung Lovebird Ijo Standard, yang membedakan adalah adanya warna hitam yang jelas dan kontras dibagian kepala, seedangkan si Josan hitamnya samar-samar nyaris cokelat atau tidak ada.


Lihatlah penampilannya, dengan topeng berwarna hitam legam, alis mata tebal berwarna putih tampak kontras dan menjadikan burung semakin gagah, padahal ciri warna diatas tidak menunjukkan bila burung ini berkelamin jantan. Karena untuk membedakan jantan atau betina pada burung lovebird tidak dapat dipastikan dengan melihat warnanya, sebab burung ini termasuk burung satu dimorfik.

Paruh burung LB Dakocan berwarna merah dan sedikit keputihan dipangkalnya, sehingga bila dilihat dari paruhnya, paruh LB Josan atau LB Pasjo lebih menarik. Sedangkan warna bulunya dapat kita amati bila burung ini memiliki warna bulu dileher kuning, dengan bulu di badan dan sayap adalah hijau. 

Ciri-Ciri LB Dakocan Yang Bagus
  • Pilih yang hitamnya topeng hitam legam
  • Alis atau lingkar mata yang disebut juga dengan kaca mata tebal dan putih bersih
  • Pilih yang paruhnya berwarna kemerahan atau merah, bentuknya pun yang presisi antara atas dan bawah
  • Warna bulu di sayap dan badannya hijau cerah dengan sayap yang saling mengapit diatas punggung dan tampak rapi
  • Kaki yang kokoh, kuat dan memiliki jari jemari - kuku yang lengkap.

Kicauan LB Dakocan
Secara umum kicauan LB Dakocan tidak jauh berbeda dengan kicauan suara burung lovebird lainnya, yaitu terdiri nada panggil, kekean dan lagu yang dia kuasai - namun dalam hal ini lagu isian juga tergantung dari usaha pemasteran atau suara yang biasa didengarnya.




0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala