Rahsia Umum Merawat Burung Biar Cepat Gacor

Merawat burung adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bila burung yang kita rawat mau berkicau atau gacor sesuai yang kita inginkan, yang pada gilirannya bisa menjadi burung kebanggaan karena burung bisa kita lombakan atau dibawa ke suatu kontes burung. Menilik banyaknya pecinta burung newbie atau hobies pemula yang kebingungan mencari rahasia para master dalam merawat burung biar gacor dan memiliki isian yang sesuai maka pada pagi yang cerah nyaris panas bangets ini saya ingin berbagi tips dan merupakan rahsia umum yang digunakan para master dalam merawat burung berkicau.

Karakter Burung
Ketahuilah bahwa setiap jenis burung memiliki kebiasaan/karakter yang berbeda antara satu burung dengan burung lainnya, hal ini bisa kita ketahui dari kebiasaan burung sewaktu di alam liar, pelajarilah kebiasaannya kemudian terapkan pada saat anda memeliharanya. Sebagai contoh :

Burung Kacer dan Tledekan merupakan burung fighter yang sangat suka bermain ditempat yang basah, mandi dengan mencelupkan badannya ke air, bermain dirawa. Namun terkadang juga suka bermain di debu atau dipasir. Maka dalam perawatan pun anda bisa menerapkan kebiasaan tersebut dengan memberikan fasilitas mandi sepuasnya, dilepas di kandang umbaran yang diberi dasar pasir atau serbuk batu-bata.

Burung Pleci dan Lovebird bukanlah burung fighter sehingga burung ini lebih suka hidup berkoloni atau hidup bersama-sama dengan burung sejenis, mereka suka bercanda-bergurau, saling menyuapi dan saling membersihkan bulunya. Maka dalam perawatan burung ini sebaiknya anda jangan memelihara hanya 1 ekor burung, melainkan rawatlah 3-5 ekor dengan kandang terpisah maupun dijadikan satu, yang penting bisa saling melihat. hal ini untuk menghindari burung dari tekanan dan kesepian, sehingga burung menjadi stress.

Makanan Burung
Sebelum memutuskan untuk merawat binatang, dalam hal ini termasuk burung dan segala binatang lainnya maka anda harus mengetahui makanan kesukaannya dan makanan yang tidak baik untuknya. Di dunia ini ada berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ratusan bahkan ribuan binatang, sehingga masing-masing burung akan mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan apa yang menjadi kebutuhan dan kesukaannya, bahkan dari kebiasaannya itu menumbuhkan hubungan (simbiosis) antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, sehingga keseimbangan alam ini terjaga. 

Kita tidak bisa memaksakan burung hidup sehat dan gacor bila kita tidak memberinya makanan yang dikehendaki, untuk itu ketahuilah jenis makanannya baru anda memeliharanya. Sebagai contoh ilustrasi, jenis burung dan makanannya :

Nama Burung -|-   Makanan :
Anis --> Serangga dan buah : cacing, jangkrik, ulat, apel, pepaya, Kroto
Betet --> biji-bijian : Jagung, kenari seed dll
Cucak Ijo dll --> Buah dan Serangga : Pisang, Pepaya, Ulat, Jangkrik, Belalang, Kroto
Cucak Rowo --> Buah dan serangga : s.d.a
Ciblek --> Serangga : Ulat dan kroto
Derkuku --> Biji-bijian : Padi, Kenari Seed, Jagung
Elang --> Daging : Burung, Tikus, Ayam dll
Emprit --> Biji-bijian : Beras, gabah, kenari seed dll
Kacer --> Serangga : Ulat, Jangkrik, Cacing, Belalang
Kenari --> Biji-bijian dan sayuran : Kenari seed, biji sawi, niger seed, sawi segar, selada, telur puyuh
Lovebird --> Biji-bijian dan sayur : sda. kecuali telur
Murai --> Serangga : Kroto, Ulat, jangkrik
Prenjak --> Serangga : Ulat, Jangkrik, Kroto
Sikatan --> Seranga : Ulat, Kroto, Jangkrik
Sirpu --> Serangga SDA.
Tledekan --> sda

Dalam kenyataannya beberapa burung pemakan serangga dapat juga kita beri makanan Voer, hal ini bisa terjadi karena kebiasaan dimana burung dipelihara dari anakan. Adapun voer yang baik adalah voer yang banyak mengandung Protein, Vitamin dan Mineral. Bila kandungan  voer meragukan anda pun bisa mencampur atau mengolah ulang voer tersebut dengan menambahkan Kuning Telur, Minyak ikan atau Tepung jangkrik, kemudian dijemur sampai kering dan simpan ditoples yang aman dari gangguan semut.

Dengan  mengetahui kebiasaan burung dan makanannnya maka dengan mudah kita bisa merawat burung sampai burung tersebut menjadi burung yang gacor. Agar burung bisa menirukan suara-suara favorite untuk kontes burung maka yang perlu dilakukan adalah memaster. Pemasteran yang tepat dengan karakter suara burung, maka burung akan dapat menirukan suara tersebut dengan baik dan jelas.

Memandikan dan Menjemur
Kembali lagi ke masalah kebiasaan burung, maka mandikan dan jemurlah burung dengan terjadwal yang konsisten, agar burung menjadi sehat karena mendapatkan Pro Vitamin D dari sinar matahari dan burung bebas dari kuman karena selalu dimandikan dengan rutin. Adapun jadwalnya menurut saya yang paling tepat adalah di pagi hari, karena sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan makhluk hidup.

Demikian yang dapat saya bagikan di hari ini, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan pecinta burung dimana pun anda berada.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala