Cara Merawat Bakalan Burung Pentet Muda Hutan Liar

Saat ini sembilan puluh persen burung pentet muda atau burung pentet bakalan adalah burung  hasil tangkapan hutan maupun mengambil disangkar, tentu saja burung muda ini masih liar, sehingga untuk memelihara/merawatnya anda harus bisa menjinakkannya. Namun burung yang diambil dari sangkar saat masih lolohan biasanya bakal lebih mudah untuk dibuat jinak dibandingkan burung muda yang sudah bisa makan sendiri.

Kali ini Gembala News ingin berbicara tentang Cara Merawat Burung Pentet Muda Hutan yang masih liar karena burung tersebut sudah bisa makan sendiri dan ditangkap setelah terbang dari sangkarnya. di pasar burung pembeli bisa mendapatkannya sewaktu burung masih trotol atau telah berganti bulu. Agar burung tidak mengalami kematian, inilah cara merawatnya :

  • Setiba dirumah segera masukkan sangkar yang bagian atas sangkar, kiri, kanan dan yang tak berpintu di tutup dengan kertas koran agar burung tidak nabrak sehingga bisa merusak paruh dan kepalanya. Sehingga yang tampak hanya bagian yang berpintu saja agar lebih mudah dalam memantaunya.
  • Berikan makanan berupa Ulat kandang yang dicampur dengan vour agar UK tidak mati. dan jangan lupa juga berikan air minum.
  • Berikan jangkrik dengan lidi cukup 2 ekor di pagi hari, 2 ekor di siang hari, dan 2 ekor menjelang tidur.
  • Jangan mandikan burung hingga burung bertahan hidup selama 10 hari.
  • Letakkan burung ditempat yang agak sepi, misalnya di sudut rumah sampai beberapa  hari (misalnya 10 hari), agar burung mau makan dan yang penting hidup terlebih dahulu.
  • Setiap hari periksa ketersediaan UK, tambah lagi bila perlu setiap harinya hingga burung hidup selama 10 hari di tangan anda.
  • Setelah 10 hari berlalu biasanya burung akan mampu bertahan hidup, mulailah di mandikan dengan di semprot ringan, karena biasanya burung muda liar lebih cepat basah. kemudian gantung disekitar lalu lalang aktivitas manusia. seperti biasa selalu sediakan UK dan berikan jangkrik 2 ekor setelah dimandikan.
  • Pemandian dilakukan seminggu 2x, cukup dipagi hari saja.
  • Setelah 3 minggu berlalu pemberian jangkrik agak ditunda, yaitu setelah dimandikan ambil wadah pakan, kemudian jemur hingga kering, setelah kering baru diberi jangkrik, kalau bisa pakai tangan agar burung tidak takut dengan anda.
  • Buat burung sedikit lapar sehingga akan tergantung pada anda untuk kebutuhan makannya.
  • Dengan perawatan yang rutin dan sabar, dalam waktu 2 bulan biasanya burung sudah jinak dan tidak takut dengan manusia. dan setelah itu burung akan mulai menunjukkan kicauan kasarnya yang tidak karuan lagunya.
  • Untuk membuatnya lebih cepat berkicau, berikan kroto seminggu 2x, karena kroto merupakan pakan terbaik bagi Pentet agar rajin berkicau.

Itulah Cara Merawat Burung Pentet Muda Hutan dari masih liar hingga jinak dan mau berkicau, semoga catatan ringan gembala ini bisa menjadi bahan masukan untuk cendet mania junior.

5 comments:

ghighe said...

mau tanya om, bagaimana dengan penjemuran burung cendet muda hutan selama 10 hari itu? apa dijemur atau tetap ditempat sepi tersebut? kalau misalnya dijemur, apakah menjemurnya menggunakan krondong juga atau dilepas?
maaf kalau banyak nanya, masih belajar didunia burung kicauan
trima kasih

Putera Gembala said...

Cendet muda hutan selama 10 hari pertama cukup dijemur 1 jam saja. ditempatkan ditempat yg ramai gpp biar cepat jinak. kerodong dibuka full.

Unknown said...

Bagai mana cara mencegah dan mengobati paruh dan bagian atas paruh cendet muda hutan yg luka akibat stres.?

Putera Gembala said...

Bung Dendy sabar yaa kalau paruh burungnya sedang terluka, nanti kalau burung sudah jinak, paruh tersebut akan sembuh dengan sendirinya, saat proses ganti bulu, bulu-bulu akan tumbuh sendiri. dimandikan yang rutin dan cobalah terapi lapar biar burung jadi bergantung pada anda dan menjadi jinak.

Unknown said...

misi gan mw tanya setelah jinak lalat utuk mempercepat bunyi gmn caranya? swun

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala