Burung Murai Daun Sumatra

Burung Murai Daun tidak lain adalah burung Cucak Hijau atau Cucak Daun, meskipun lebih populer dengan nama Cucak Ijo, namun burung ini bukanlah burung keluarga cucak-cucakan atau kerabat dari burung Cucak Rowo si merbah yang harganya mahal. di pulau jawa burung ini lebih populer dengan singkat CI (cucak ijo), namun di sumatera burung ini lebih populer dengan nama murai daun. Sebenarnya seperti apa penampilan burung murai daun itu? berikut ini saya bagikan gambarnya.

Burung Murai Daun Sumatra

Dari gambar diatas yang Gembala temukan dari omkicau dapat kita simpulkan bila burung murai daun dari sumatra memiliki penampilan yang hampir mirip dengan cucak ijo asal kalimantan atau jawatimur, namun ada perbedaan pada bulu kepala (jengger), yaitu murai daun sumatra memiliki warna hijau kekuningan sedangkan cucak ijo kalimantan berwarna hijau polos.

Sumatra masih memiliki habitat burung cucak ijo yang sangat luas, di hutan belantara dan perkebunan karet masih sering ditemukan burung jenis ini. hal ini berbeda dengan habitat burung cucak ijo di jawa timur yang populasinya semakin berkurang. Melihat kondisi seperti ini maka penangkaran adalah solusi untuk menghindari terjadinya kepunahan, selain itu penangkaran merupakan peluang usaha peternakan yang sangat baik saat ini. 

Lewat tulisan singkat ini saya kembali meng himbau kepada kicau mania untuk menggiarkan breeding burung murai daun sumatra maupun cucak ijo banyuwangi.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala