Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Muda

cucak ijo jantan
Membedakan burung Cucak Hijau (jw. ijo) jantan vs betina bila burung telah memasuki usia mapan atau remaja dengan usia > 8 bulan sangatlah mudah karena umumnya pada usia ini warna bulu telah berubah menjadi warna yang sebenarnya hingga burung d3wsa kelak. yaitu dengan melihat warna hitam yang ada di wajah burung itu, bila burung memiliki Topeng hitam maka itu adalah burung Jantan, sedangkan bila dibawah paruh hanya berwarna putih itu tandanya burung betina.

Bila membedakan burung Cucak Hijau dari suara kicauannya sangatlah sulit karena burung jantan atau betina sama sama berkicau dengan kualitas hampir sama. Sebagai contoh silahkan dengarkan Kicauan burung Cucak ijo Juara ini.

Cucak ijo betina d'wasa


Namun bagaimana bila membedakan burung yang masih anakan/bakalan?

Usia burung dibawah dua bulan sangatlah sulit membedakan jenis kelaminnya bila hanya melihat dari warna bulu, karena di usia ini warna bulu dominan sama yaitu warna hijau cerah bercampur kuning.

Untuk anakan/bakalan burung cucak hijau yang usianya lebih dari 2 bulan (misalnya 2-4bulan) akan ditemukan perbedaan pada paruh bagian bawah, dimana bila paruh bagian bawah terdapat garis putih atau warna putih semburat bisa diprediksi itu adalah burung cucak ijo betina, sedangkan untuk yang jantan di usia itu warna paruh tetap hitam seperti paruh bagian atas.

Selain melihat dari paruh bagian bawah yang bisa dilihat dari samping seperti diatas, cara berikutnya adalah menangkap burung Cucak Ijo kemudian lihat bagian tenggorokannya, bila bulu yang berada dekat dengan paruh terlihat ada trotolan hitam itu adalah burung cucak ijo jantan, sedangkan bila berwarna putih kekuningan diprediksi itu adalah cucak ijo betina.

Agar lebih mudah dalam memahami apa yang kami sampaikan diatas, mungkin lebih baik jika melihat gambar dibawah ini :



Semoga bermanfaat untuk teman teman kicaumania, bila yang kami sampaikan ini kurang berkenan mohon masukannya agar kelak bisa menyampaikan informasi lebih baik lagi. Jika bermanfaat silahkan di share bersama teman teman di FB atau twitter

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala