Sabar, Kunci Sukses Merawat Burung

Merawat Burung bukan hanya bicara soal hobi melainkan bisa lebih jauh tentang Bisnis, siapa pun tentu saja ingin sukses dalam berbisnis yang berkaitan dengan hobi, untuk itulah kali ini saya ingin memberi motivasi kepada diri saya sendiri dan pecinta burung dimana pun berada, agar bisa meraih sukses dalam usaha penangkaran maupun merawat burung berkicau, karena menurut saya banyak kicau mania yang sering galau saat melakukan pemeliharaan burung.


Sabar adalah Kunci Sukses Merawat Burung
Kata sabar cukup mudah untuk di ucapkan namun tidak mudah untuk di aplikasikan, Sabar dalam menghadapi setiap cobaan, sabar menghadapi tingkah momongan yang susah diatur, Sabar dalam merawat burung yang sakit, Sabar dalam setiap memberi pakan dan minum meskipun tangan di patok oleh paruh burung yang runcing seperti cendet maupun lovebird, Sabar bila burung  kesayangan lepas.

Semua ungkapan sabar diatas adalah wujud keikhlasan kita dalam memelihara burung, Merawat burung butuh kesabaran dan konsisten dalam memberikan pakan maupun perawatan lainnya. Dengan kedisiplinan dan ketelatenan burung akan terbiasa dengan setingan si bos (pemiliknya) sehingga dia akan bergantung hidup pada manusia, sebagai rasa terima kasih burung pun akan rajin berkicau.

Beberapa burung hasil penangkaran mungkin akan lebih mudah dalam perawatan, namun burung yang Hasil penangkaran bakal lebih sulit untuk di jinakkan, untuk itu sebagai pecinta burung kita harus benar-benar lebih sabar menghadapi sifat liar burung. Bukan menyiksa apalagi menakut-nakuti burung yang masih liar, membiasakan burung berada dilingkungan baru terkadang menyiksa namun tak mengapa agar burung memiliki mental yang kuat, namun anda harus Sabar bila burung tiba-tiba stress atau macet bunyi.

Menurut pantauan saya dari berbagai pengalaman para pecinta burung, mereka pernah mengalami atau merawat burung dalam waktu setahun bahkan lebih namun burung tidak juga berkicau, namun dengan kesabaran tinggi dan menerapkan metode perawatan yang intensif akhirnya burung pun akan menyatu dengan jiwa pemiliknya sehingga burung pun menjelma menjadi burung juara diberbagai event.

Pemelihara burung anis merah atau punglor adalah salah satu contoh perawat burung paling sabar, karena burung ini sangat suka kelembutan dan kasih sayang sehingga burung mau berkicau dan telllerrr. 

Contoh perawatan burung yang sabar :
Konsisten diwaktu yang sama dalam memelihara burung, misalnya burung biasa di mandikan pukul 7 pagi, ya setiap pagi burung dimandikan. Jika biasanya dijemur dulu yaa dijemur dulu, jika langsung diberi EF ya langsung diberi, buat model perawatan yang sama dan konsisten setiap hari niscaya burung akan mengetahui jadwal dan kebiasaan pemiliknya dalam merawat.

Be Patient to be Success... 
Salam kicau mania

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala