Cara Membedakan Branjangan Jantan dan Betina

Secara kasat mata antara burung Branjangan berkelamin jantan dan betina hampir tak ada bedanya, hanya orang orang yang sudah sering dan lama menggeluti branjanganlah yang sangat paham dalam membedakan jantan dan betinanya secara katuranggan atau penampilan fisiknya. Sudah banyak referensi dari berbagai pihak dalam memilih burung branjangan yang baik seperti yang di utarakan oleh om kicau, yang menurut kami itu adalah catatan yang bagus untuk kita pertimbangkan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bila burung branjangan yang baik dan rajin berkicau pada umumnya adalah burung yang berkelamin jantan, untuk itu ciri-ciri fisik burung jantan adalah yang banyak dicari oleh pecinta burung branjangan.

Berikut ini adalah beberapa kriteria Branjangan Jantan dan Betina :
  • Ciri-ciri jantan bisa dilihat dari warna tubuhnya coklat agak tajam dan bulunya tebal. Begitu pula warna paruhnya hitam mengkilat. Jika bertemu burung sejenis muncul jambul dikepalanya agak panjang dan lebih gagah.
  • Branjangan betina warna bulunya agak kusam. Betina juga memiliki jambul, sehingga jangan terkecoh. Bedanya, jambul betina lebih pendek. Volume suaranya sama-sama keras, namun suara betina terputus-putus dan kurang variasinya.
  • Untuk membedakan jenis kelamin branjangan, bisa juga dilihat dari paruhnya. Pada branjangan jantan, paruh bagian bawah terlihat putih atau terang sementara yang betina terlihat gelap atau hitam atau kecoklatan.

Semoga dengan ulasan singkat ini, dapatlah kiranya menjadi pengetahuan kita bersama dalam membedakan burung branjangan jantan dan betina. Dapatkan info merawat burung dan audio berbagai suara burung berkicau hanya di Gembala News.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala