Perawatan Burung Prenjak Salome

Burung Prenjak Salome adalah jenis burung pemakan serangga yang sangat lincah dan gesit dalam berpindah dari satu tangkai padi ke tangkai padi lainnya. Burung ini sangat baik fungsinya di habitat asli karena burung ini adalah jenis burung pemakan ulat dan serangga yang menjadi hama bagi tanaman padi maupun tanaman petani lainnya. Maka akan lebih baik jika kita tetap mempertahankan kelestarian burung ini agar keberadaan hama di lahan pertanian dapat tereduksi.

Kicauan Burung Prenjak Salome sangat merdu, terkadang hampir menyerupai suara belalang kerek yang bervariasi dengan irama suara burung lainnya, bahkan terkadang menirukan suara burung prenjak.

Perawatan Burung Prenjak Salome sebenarnya sangatlah mudah, namun  burung mungil ini sangatlah rentan sakit bila burung ini tidak diberi makanan serangga kecuali untuk burung yang sudah dipelihara dari anakan dan terbiasa makan voer. Untuk menjaga kelestariannya lebih baik membiarkan burung dewasa hidup bebas dialam dan beranak pinak, jika ingin memeliharanya maka peliharalah dari yang masih anakan.

Perawatan Burung Prenjak Salome
  • Burung yang baru didapat dari pasar sebaiknya jangan dimandikan, cukup berikan makanan UK yang dicampur dengan voer.
  • Setiap dua hari sekali berikan kroto segar yang kecil-kecil.
  • Setelah satu minggu berlalu dari perawatan dasar, barulah burung dimandikan dipagi hari dan dijemur.
  • Penjemuran burung ini cukup sampai jam 9 atau 10 saja, bila bulu-bulu telah kering dan sangkar telah kering, burung bisa dipindahkan ditempat yang teduh, gantung diteras atau dibaawah pohon.
  • Bersihkan sangkar paling tidak 2 hari sekali, agar burung tetap sehat. 
  • Agar burung cepat jinak dan tidak takut manusia, sebaiknya gantang burung disekitar aktivitas manusia.
  • Selain memelihara Prenjak Salome, sebaiknya juga memelihara burung lainnya yang sudah gacor, seperti burung kenari maupun Prenjak Kepala merah.
  • Disiang hari burung tak perlu dikerodong, hanya dikerodong di malam hari saja agar burung tidak kedinginan dan tidak digigit serangga.

Itulah perawatan burung prenjak salome yang tak bisa lepas dari makanan serangga, hal termudah adalah selalu memberi UK yang dicampur dengan voer. Dengan perawatan yang rajin, burung ini akan lebih cepat berkicau dan cepat jinak.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala