Cenderawasih | Burung Surga Yang Eksotis

Keindahan warna burung Cenderawasih sungguh luar biasa karena kombinasi warna di sekujur tubuhnya adalah bukti nyata kuasa Tuhan yang mampu menciptakan burung yang very beautiful dan hanya terdapat di hutan belantara Papua. Karena begitu indahnya burung tersebut para pakar burung menyebut burung ini adalah burung surga. Lalu apakah benar burung di Surga nanti akan seindah burung cenderawasih ini? Kita nikmati saja keindahannya yang masih tersisa dan hanya ada di bumi Indonesia dan sebagian Australia, tanpa ada unsur merusak apalagi memburunya.

Burung Cenderawasih merupakan burung dengan genus paradisaea, paradise artinya surga. Konon pada zaman dahulu, burung Cenderawasih sering dijadikan hadiah untuk para raja, sehingga mereka menyebut burung ini adalah burung yang turun dari Surga - Taman Firdaus.

Konon menurut kisah yang ditulis Aneh Dunia, pada zaman dahulu para pedagang burung membuat pernyataan yang menarik seputar Burug Surga Yang Eksotis ini dengan ungkapan "Makanannya hanya embun. Kawin pun tetap di udara. Telurnya dierami oleh betina dengan cara nongkrong di punggung jantan. Alasannya, karena burung ini terbang terus. Bila mereka lelah, barulah beristirahat di pepohonan bumi dengan cara mengaitkan bulu ekor yang panjang ke cabang pohon. Tidurnya seperti cara kelelawar." 

Pada masa kolonial belanda burung ini diperdagangkan dengan harga yang sangat mahal melebihi harga emas, namun jangan harap untuk memperdagangkan burung ini sekarang, karena pemerintah telah memasukkan burung Cenderawasih sebagai burung yang dilindungi dan rawan punah. 

Seperti apa ke-Eksotisan Burung Surga itu, berikut ini kami mengutip beberapa Foto Cenderawasih yang kami temukan di internet :





Potret Aneka Gaya Cenderawasih

Bagaimana sahabat Gembala News, bukankah burung Cenderawasih adalah burung yang benar-benar eksotis? ini adalah anugerah alam yang luar biasa, maka sudah sewajarnya bila kita terus berusaha melindungi kelestariannya sehingga burung tersebut akan terhindar dari kepunahan, apalagi bila kita bisa melakukan breeding pada burung ini.

Salam Kicau Mania...








0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala