Tujuan dan Manfaat Penjemuran Burung

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan makhluk hidup di bumi ini, seperti Tumbuhan, Manusia, Lumut, Organisme kecil, Hewan dan tak terkecuali adalah Burung Berkicau seperti Cendet, Cucak Hijau, Cucak Rowo, Kenari, Murai Batu, Kacer, Tledekan, Trucukan, Jalak Uret, Jalak Bali, Jalak Rio Rio, Love Bird, Prenjak dan masih banyak lagi burung berkicau lainnya yang suka berjemur dipagi hari. Secara alami burung burung akan berkicau dan bertengger di tempat terbuka untuk menyambut munculnya matahari pagi, pengalaman indah ini bisa anda dapatkan bila anda pernah hidup atau tinggal di pinggiran hutan atau camping di alam terbuka. 

Penjemuran Burung memiliki banyak tujuan dan manfaat, untuk itu proses penjemuran menjadi sangat penting dalam hobby kicau mania. Berikut ini Putera Gembala mencoba untuk menyampaikan beberapa Manfaat Penjemuran Burung :
  • Penjemuran di setiap pagi akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membakar Pro Vitamin D menjadi Vitamin D yang baik untuk kesehatan. 
  • Membunuh kuman di dasar sangkar akibat kotoran burung
  • Mengusir dan membunuh kutu yang suka bersarang di bulu dan sela sela bulu.
  • Meningkatkan b'rahi burung
  • Membakar lemak yang biasa bersarang di kulit burung dan menghindari burung dari kegemukan.
  • Menguatkan pernafasan burung, sehingga bila berkicau burung menjadi lebih kuat dan keras.
Dengan mengetahui manfaat penjemuran diatas tentu kita bisa mengambil kesimpulan bila Tujuan Penjemuran Burung adalah agar burung terjaga kesehatannya dan burung akan lebih rajin berkicau.

Itulah beberapa manfaat penjemuran burung, semoga bisa dipahami sehingga setiap kicau mania akan lebih rajin untuk menjemur burung gacoannya di pagi hari agar lebih sehat dan lebih rajin berkicau. Selain di pagi hari, dipercaya juga bila penjemuran di sore hari juga baik dan di sukai burung daripada penjemuran di siang hari yang lebih menyiksa.

Bagi burung yang sedang ganti bulu atau mabung Penjemuran sebaiknya hanya dilakukan dipagi hari dan tidak lebih dari jam 9, karena bila berlebihan dan terlalu panas dapat menyiksa burung sehingga bulu bulu muda yang baru tumbuh akan rusak karena kena sengatan matahari yang over.

Sementara bila anda menghendaki burung yang terlalu gemuk menjadi kurus, penjemuran bisa ditingkatkan lebih lama dari pagi hingga pukul 11 atau 12 siang berturut turut selama beberapa hari hingga mendapatkan berat/bentuk tubuh yang ideal. 

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala