Bolehkan Burung Mabung di Mandikan?

Mabung atau proses ganti bulu pada unggas termasuk burung adalah siklus yang rutin sehingga hal ini tidak bisa di cegah. Biasanya dalam setahun burung akan mabung sekali atau 2 kali di setiap pergantian musim. Lalu seorang bertanya, Apakah Burung Mabung boleh dimandikan?  Berikut ini Putera Gembala mencoba menjawab pertanyaan teman tersebut lewat sebuah tulisan di Blog Gembala-News agar menjadi Artikel yang mungkin juga berguna bagi Kicaumania pengunjung Gembala News.

Bila burung kicauan anda biasanya dimandikan sehari 2x di waktu yang normal, maka pada masa mabung sebaiknya kurangi intensitasnya menjadi seminggu satu kali, yang penting kotoran dan bulu bulu yang rontok setiap sore dibersihkan menjelang burung di tidurkan, pemberian makan EF bisa dinaikkan seperti saran kami pada artikel Cara Perawatan Burung Mabung.

Tips dari Putera Gembala, memandikan burung pada masa mabung sebaiknya lihat juga kondisinya, jangan memandikan dimalam hari atau pas cuaca lagi hujan karena hal ini akan menyiksa burung sehingga kedinginan, yang dikwatirkan nanti burung malah sakit bila dipaksakan.

Sebaiknya, mandikan burung bila memang membutuhkan - Biasanya burung bila ingin mandi, dia akan mencelupkan kepalanya ke tempat minum kemudian membasahi bulu bulunya, ini ciri ciri burung minta dimandikan, maka anda bisa menyemprot atau memasukkannya ke bak pemandian. 

Kesimpulannya : Burung dalam kondisi mabung juga butuh mandi, namun intensitas di kurangi untuk itu sebaiknya mandikan burung bila burung memang membutuhkan saja. Sekian. Salam Kicau Mania

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala