Perawatan Burung Mabung

Sudah banyak para kicau mania, om kicau, master kicauan berbagi tentang Tips Perawatan Burung Mabung yang dikenal juga dengan Moulting, Ngurak atau rontok bulu. Istilah istilah tersebut memiliki makna yang sama yaitu Proses rontoknya bulu yang sudah tua dan diganti dengan tumbuhnya bulu baru. Masa Mabung merupakan masa yang sangat butuh perawatan ekstra, karena salah perawatan pada saat mabung, burung bisa macet setelahnya. hal ini sesuai fakta dilapangan yang mana sudah banyak kicau mania junior yang mengeluh bila burung kicauannya macet setelah melalui  masa ganti bulu.

Kicau Mania yang terhormat, izinkanlah Gembala News untuk berbagi Tips Cara Perawaatan burung mabung secara umum, yang mana ini dapat diaplikasikan pada burung burung seperti : Cendet, Toet, Pentet, Kacer, Robin, Poci, Sekoci, Murai, Cucak Hijau, Cucak Rowo, Kenari dan berbagai burung kicauan lainnya.

Perawatan Burung Mabung :

  • Full Kerodong, dan buka kerodong hanya saat memberi makan dan membersihkan sangkar
  • Berikan tambahan Kroto 1 sendok Teh pagi dan sore untuk burung besar, dan setengah sendok teh untuk burung burung kecil semacam kenari.
  • Tingkatkan jumlah EF Jangkrik setelah melewati masa rontok dan waktunya pergantian bulu baru.
  • Burung tak perlu dimandikan dan dijemur setiap hari, Penjemuran sesaat sekitar pukul 6 pagi saat pemberian makanan dan pembersihan kotoran tidaklah menjadi masalah. sementara pemandian dapat dilakukan seminggu sekali.
  • Untuk mempercepat proses perontokan bulu tua, berikan susu bubuk putih secukupnya yang dicampur dengan Vour, setelah sudah banyak bulu yang rontoh hentikan pemberian bubuk susu putih. Menggunakan obat obatan untuk merontokkan bulu kami rasa tidaklah perlu dilakukan, biarkan bulu bulu rontok dan tumbuh seara alami.
  • Perlu dicatat, bila selama masa mabung 90% burung jadi malas berkicau, diam dan hanya makan minum untuk memenuhi metabolisme tubuhnya.

itulah Tips Cara Perawatan Burung Mabung  untuk burung, cendet, Cucak ijo, Murai Batu, Kacer dll... Sedangkan cara perawatan burung setelah melewati masa mabung,lihat artikel kami terdahulu tentang Mengatasi Burung Kegemukan setelah mabung.

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala