Manfaat Mandi Malam Bagi Burung Cendet dan Kacer

Para kicau mania senior tentu sudah tak heran lagi dengan memandikan burung dimalam hari, namun bagi KM junior seperti saya tentu saja rasanya aneh karena dimalam hari cuacanya kan dingin. Ternyata mandi malam bagi burung berkicau sangat penting untuk berbagai tujuan. Jika anda tidak memiliki tujuan itu maka lebih baik tidak dimandikan malam hari, karena mandi malam pastinya membuat burung menjadi ngedrop.

Setelah tanya sana-sini dan baca resep ini-itu akhirnya Gembala menemukan jawaban Manfaat dari Mandi Mandi Malam bagi burung Cendet, dan mungkin juga untuk burung kacer, anis merah, cucak ijo maupun murai.

Inilah manfaatnya :
  • Untuk meredam b'rahi dan emosi burung, tentunya ini adalah untuk burung yang Over B'rahi yang ditandai dengan banyak tingkah bila di trek/latber, ngejar tangan dll.
  • Untuk membuat burung menjadi lebih jinak dan tenang di gantangan.

Adapun cara memandikan malam bagi burung cendet adalah :
  1. Perawatan pagi hari seperti biasa, diberi makan dan dijemur, kemudian siang hari dikerodong hingga malam menjelang dimandikan.
  2. Sekitar jam 8 atau 9 malam, Setelah buka kerodong, kemudian burung di beri 1 ekor jangkrik
  3. Biarkan barang 15 menit, kemudian lihat kondisi burung bila masi OB maka lanjutkanlah dengan pemandian.
  4. Adapun teknik pemandian adalah dengan menempatkan burung di bawah dan menyemprotnya dari atas, hingga basah kuyup dan burung menjadi tenang.
  5. Kemudian biarkan burung hingga bulunya tampak kering baru diberi jangkrik atau kroto secukupnya sesuai selera atau settingan.
  6. Setelah burung selesai makan EF, barulah burung di kerodong dan disimpan kembali.

Sementara KM lainnya ada yang melakukan pemandian malam bagi kicauannya karena dipagi hari tidak ada waktu untuk merawat burung, hal ini juga baik asalkan rutin dan memberikan EF terlebih dahulu sebelum dimandikan, lihat juga kondisi burung bila tidak OB jangan dilakukan setiap hari.

Inti dari pemandian malam itu adalah bertujuan agar burung tampil lebih tenang di gantangan, karena burung yang over b'rahi akan banyak tingkah bila di lombakan.

Salam Kicau Mania
Salam Sukses.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala