Cara Memilih Burung Kenari Ombyokan di Pasar Burung

Memilih burung kenari yang baik untuk yang sudah senior tentu bukanlah perkara yang sulit, namun untuk penghobi baru (newbie) mungkin akan sulit, apalagi membelinya di pasar dalam sangkar ombyokan. Membeli burung kenari ombyokan terkadang bisa menjadi dilematis takutnya yang dibeli adalah burung kenari betina, padahal burung kenari yang rajin bunyi adalah burung kenari jantan.

Burung kenari ombyokan biasanya berada pada usia 2-3 bulan dengan ciri fisik yang hampir sama, sangat lincah dan rajin makan. Berikut ini Gembala News ingin berbagi tips Cara Memilih Burung Kenari Ombyokan, semoga dengan artikel ini para Kenari mania sudah tidak takut  lagi membeli burung kenari ombyokan yang ada dipasar burung.

Inilah, Cara Memilih Burung Kenari Ombyokan :
  • Jika ingin mencari jenis kenari yang cepat bunyi, pilihlah kenari dengan warna campuran atau Bond.  Karena warna kenari bond lebih cepat bunyi daripada yang berwarna polos.
    Pilihlah kenari yang sehat dan lincah, apalagi yang terlihat sering bersuara disemua tempat ditempat kandang ombyokan.
  • Pilih kenari yang memiliki paruh yang tebal dan lebar, ini menandakan volume suaranya besar/kencang.
  • Perhatikan fisik burung dalam keadaan sehat, jari-jari lengkap, kaki yang kokoh dan berdiri tegak, sayap yang saling apit, mata yang cerah dan bulat, badan sehat dan tegap, bulu-bulu yang rapi.
  • Diantara sekian banyak Kenari pilih yang agresif, bila di dekati burung lainnya akan mematuk atau langsung berbunyi, ini juga salah satu ciri burung yang baik.
  • Pilihlah kenari jantan dengan cara melihat kesejajaran antara garis paruh dengan lingkar mata, bila sejajar maka sangat mungkin kenari tersebut adalah burung jantan.
  • Pilih juga burung kenari yang berleher besar dan agak gembung atau menggelembung sewaktu berbunyi, karena ini menandakan burung kenari akan mampu berkicau dengan suara yang panjang.
  • Selain dari melihat kesejajaran lingkar mata, untuk mencari kenari jantan lainnya adalah dengan melihat Vent, bila vent lebih menonjol itu tandanya kenari jantan.









0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala