Cara Merawat Burung Salome, Cici Merah (Padi)

Burung Prenjak Salome atau Cici Padi merupakan burung pemakan serangga, hal ini harus kita pahami untuk pertama kali agar burung bisa bertahan hidup dalam pemeliharaan kita. Karena sumber kehidupan makhluk hidup adalah dari makanan dan minuman yang tersedia. Maka dalam merawat burung Prenjak Salome menyediakan makanan yang disukai sebagai makanan pokok diwajibkan sebelum burung bisa beradaptasi dan mau makan Voer instant.

Makanan yang cukup protein dan mineral akan menjadikan burung lebih sehat dan memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas dan berkicau sepanjang hari. Namun kondisi burung mau berkicau harus benar benar jinak dengan manusia, paling tidak adalah tidak takut dengan segala aktivitas manusia atau jinak-jinak lalat.

Cara Merawat Cici Padi Merah tidak jauh berbeda dengan cara merawat burung berkicau lainnya, kali ini Gembala News ingin berbagi tips aktivitas perawatannya mulai pagi setiap hari.
  • Setiap pagi sekitar pukul 6.00 burung dikeluarkan, dijemur di matahari terbit.
  • Sekitar pukul 7.00 burung dimandikan dengan cara di semprot ringan, tak perlu sampai basah kuyub agar burung bisa jinak dengan perawat.
  • Kemudian burung diberi makan berupa Ulat kandang 1 sendok yang dicampur dengan voer.
  • 2 hari sekali burung diberi kroto segar yang dibersihkan dari semutnya, satu sendok saja.
  • Setelah diberi makan kemudian burung dijemur hingga pukul 9 atau sampai bulu-bulu kering, jika terlalu panas Ulat-ulat bisa mati.
  • Setelah bulu-bulu kering, kemudian burung diteduhkan, sepanjang hari burung tak perlu di kerodong, biarkan burung berkicau sesuka hatinya karena telah mendapatkan makanan dan minuman yang cukup.
  • Menjelang malam hari burung di masukkan rumah agar tidak kena angin malam, bila perlu dikerodong dan di perdengarkan suara masteran seperti suara jangkrik, belalang, burung kenari, suara prenjak dll.

Itulah Cara Mudah Merawat burung Salome atau cici merah yang dapat kami bagikan di Gembala News, semoga bisa menjadi bahan bacaan yang menyenangkan karena prenjak salome memiliki kicauan yang cukup merdu. lihat dan dengarkan Kicauan Burung Salome.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala