Burung Cici Merah, Si Mungil Yang Cantik

Burung Cici merah adalah sejenis burung pengicau yang bertubuh kecil mungil. Sisi atas tubuh kecoklatan bergaris-garis atau bercoret kehitaman, sisi bawah tubuh kuning tua. Pada musim berbiak, burung jantan memiliki bulu-bulu kuning emas terang pada mahkota, tenggorokan dan dadanya. Burung ini terdengar merdu kicauannya yang bisa ditemukan diarea persawahan, dengarkan salah satu kicauan suara burung Cici Merah yang pernah kami upload Disini.

cici merah

Jenis burung Cisticola lebih sulit untuk dibedakan satu dengan yang lain, kecuali dari suara khasnya. Di tangan, perbedaannya dengan Cici padi adalah: alis Cici merah berwarna kuning tua, serupa dengan sisi leher dan tengkuk.

Burung Cici Merah, merupakan burung yang unik karena burung Cici merah dikenal sebagai burung penjahit yang paling pandai. Sarangnya terbuat dari rumput-rumput dan serat tumbuhan lainnya, yang dijahit di bagian luarnya dengan jaring laba-laba yang dicurinya. Berbentuk bola memanjang yang berongga di dalamnya, sarang dilekatkan pada batang rumput.

Itulah keindahan dan kecantikan burung Cici Merah yang sampai saat ini masih bisa ditemukan dibanyak area sawah dan padang rumput, populasi burung  ini tergolong masih banyak karena pecinta burung banyak yang belum mengenal burung Cici Merah.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala