Cara Memaster Burung Cendet

Memaster adalah istilah yang di gunakan untuk mengajari burung cendet agar mau berkicau sesuai dengan apa yang kita ajarkan, bisa disebut juga memaster adalah memperdengarkan burung cendet dengan suara-suara menarik lainnya sehingga burung akan lebih berkelas karena memiliki isian kicauan yang indah yang dinyanyikan dengan intonasi dan nada naik turun yang selaras dan serasi. 

Kegiatan Memaster adalah hal yang sangat penting agar burung mampu bernyanyi dengan baik, namun kita harus pandai pintar menyesuaikan tipe suara yang cocok untuk gacoan kita. Memaster burung cendet dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

Memaster dengan suara aslinya, cara ini memang tergolong lebih sulit karena burung cendet harus didampingi dengan suara asli burung, misalnya ingin dimasteri suara prenjak maka anda harus memelihara burung prenjak yang sudah gacor dan di gantung disekitar burung cendet sehingga burung cendet bisa mendengar dengan baik suara burung itu. 

Bayangkan saja jika anda ingin memasteri burung cendet dengan 5 suara, berarti anda harus memelihara burung masteran sebanyak 5 ekor atau bergantian, tentu saja hal ini bakal lebih merepotkan dan melelahkan. Namun hasil dari cara memaster dengan suara asli itu bakal lebih baik dan lebih mudah di rekam oleh burung cendet. 

Cara Memaster kedua adalah dengan menggunakan teknologi, yaitu memanfaatkan mp3 player  baik berbentuk music box maupun menggunakan Hp yang memiliki mp3 player. Cara ini tergolong sangat mudah, karena anda tinggal merekam suara burung yang anda kehendaki kemudian memainkannya sewaktu waktu. Selain merekam, anda juga bisa mencarinya di internet karena saat ini sangat banyak kicau mania yang berbagi file masteran di web blog mereka.

Jika anda telah memiliki file suara burung yang anda kehendaki atau suara hewan lain yang anda kehendaki, maka selanjutnya tinggal anda mainkan file tersebut, putarlah file tersebut di malam hari ketika burung akan istirahat malam mulai dikerodong malam hingga pagi dengan suara yang pelan namun dapat didengar dengan baik. 

Buatlah play list (daftar main) satu suara lagu dimainkan 3 kali, kemudian diantara lagu yang lain buatkan musik kosong selama 30 detik. dalam satu playlist bisa anda isi 3 - 5 lagu yang berbeda. di player mp3 setel/atur player memainkan musik berulang semuanya. maka secara otomatis lagu akan diputar terus menerus sepanjang malam.

Itulah Cara Memaster Burung Cendet yang dapat anda lakukan dengan 2 cari, yaitu dengan suara asli burung dan dengan mp3 player. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi rekan rekan yang sedang belajar memaster burung cendet muda maupun burung cendet yang sedang mabung.

Waktu memaster burung cendet tidak harus dalam kondisi burung ngurak, karena meskipun burung dalam kondisi top form burung tetap dapat di masteri.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala