Kipasan Belang Jantan dan Betina

Burung Kipasan Belang atau lebih sering disebut sebagai burung Sikatan merupakan burung yang benar-benar unik, gayanya saat berkicau yang disertai dengan membuka sayap seperti kipas sehingga burung ini disebut kipasan. Memelihara burung ini dapat dikatakan cukup sulit karena pemilik harus menyediakan serangga setiap hari di wadah pakan sebagai makanannya, jangan sampai telat karena burung ini sangat rentan sakit dan stress bila tidak makan serangga (UK).

Merawat burung ini memanglah agak rumit, namun untuk membedakan Kipasan Belang jantan atau betina cukuplah mudah karena bisa dilihat dari warna bulunya :
  1. Kipasan Belang Jantan memiliki warna bulu yang dominan lebih hitam legam, sedangkan
  2. Kipasan Belang Betina memiliki bulu dengan warna yang lebih kusam kecokelatan.

Perlu diketahui sebagai pengetahuan kita di dunia burung, bahwa burung kipasan belang biasanya berkembang biak pada bulan Februari sampai Juli, pada bulan-bulan itu burung akan mulai menyusun sarang dari serat-serat tanaman dan sarang laba-laba, kemudian betina, bertelur, mengerami telurnya kemudian merawat anak bersama-sama.

Keunikan lain dari burung Kipasan ini adalah Kumis yang ada di sekitar paruh merupakan alat navigasi agar burung lebih mudah mengenali mangsanya yaitu serangga, burung ini memiliki pandangan yang tajam meskipun didaerah yang minim cahaya, dengan bantuan kumisnya itulah burung ini bisa memangsa serangga tepat sasaran.

Morfologi Kipasan Bilang :
  • Tubuh berukuran sedang (19 cm).
  • Tubuh bagian atas abu-abu jelaga. 
  • Alis, dagu, dan tenggorokan putih. 
  • Garis hitam khas pada dada. 
  • Tubuh bagian bawah putih. 
  • Ujung bulu ekor putih lebar.
Nah eloe sekarang udah tahu khan Ciri-Ciri Burung Kipasan Jantan dan Betina? semoga artikel singkat ini bermanfaat yaa. Sumber dari berbagai informan terpercaya dan berdasarkan pengalaman sendiri yang telah berhasil membuat Kipasan gacor.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala