Tanpa Kerodong, Agar Burung Mudah Beradaptasi

Umumnya perawatan burung yang telah diterapkan oleh banyak master burung adalah dengan mengkerodong burung ketika burung di istirahatkan atau burung dipersiapkan untuk lomba. Namun bisa lain ceritanya bila burung tidak dikerodong dengan tujuan agar burung mudah beradaptasi dengan lingkungan baru maupun mudah memahami keadaan lingkungan disekitarnya. Dengan memahami keadaan lingkungan disekitarnya maka burung akan memiliki mental yang bagus.

Perawatan Burung Lovebird Tanpa Kerodong yang saya kutip ini adalah model perawatan yang digunakan untuk Lovebird Matso milik Om Hadi CNI sebagaimana dikutip oleh om kicau. Sehari-hari burung lovebird berwarna biru mangsi itu tidak dikerodong, namun perawatan lain tetaplah konsisten seperti memandikan, menjemur maupun memberi pakan.

LB Matso yang sempat low performance kembali moncer di akhir tahun 2014 ini setelah dirawat dengan baik oleh Om Ambon. Adapun model perawatannya cukup sederhana, yang penting konsistensi dalam menjalankan perawatan itu.

Setiap pagi burung dimandikan, kemudian dijemur sampai jam 9. Selanjutnya burung digantang ditempat yang teduh tanpa dikerodong seharian. selanjutnya di malam hari tetap dikerodong agar burung tidak mudah diserang penyakit dan predator.

Untuk makanan, Lovebird ini hanya diberi milet putih sebagaimana burung lovebird lainnya. Kangkung tetap diberikan seminggu dua kali secara rutin.

Anehnya, bahkan menjelang lomba sekalipun burung ini tidak di full kerodong, saat menjelang lomba, ditempat  lomba pun burung tidak dikerodong seperti burung lainnya, melainkan burung ini dibiarkan terbuka dan digantang disekitar lomba agar burung mengenali lingkungannya, tidak asing dengan lingkungan tersebut, sehingga burung akan semakin berani berkicau.

Itulah kutipan dan jabaran Gembala News atas apa yang disampaikan oleh pemilik Lovebird Matso, perlu diketahui bahwa burung ini telah memenangi empat lomba besar dalam empat pekan ini. sungguh catatan yang luar biasa.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala