Asal Usul Lovebird Hijau Olive

Pada awalnya lovebird yang dikenal di dunia ini adalah berwarna Hijau (ijo) sehingga kita lebih mengenalnya dengan nama Lovebird Ijo Standard (Josan). Seiring dengan terjadinya mutasi atau perubahan warna maka warna Josan tadi turun menjadi Hijau tua (Dark Green) dan Double Dark Greed (hijau sangat tua) yang juga kita sebut dengan warna Hijau Olive. Perubahan warna itu disebabkan oleh terjadinya perubahan DNA karena faktor makanan maupun lingkungan.


Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada tingkat kromosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi-variasi baru pada spesies. Berbagai mutasi pada burung Lovebird dalam penangkaran selama berabad-abad oleh manusia, telah menghasilkan berbagai ragam dan corak warna bulu yang sangat menarik dan unik. Dari warna hijau alami pada lovebird muncul beragam jenis warna seperti : albino, lutino, creamino, blueino, pied, warna-warna pastel, mauve, sampai munculnya halfsider.Dinamakan Halfsider karena separuh sisi berwarna lain dengan sisi yang lain. 

Itulah asal usul penamaan dan terjadinya perubahan warna Lovebird Olive yang kita ketahui, semoga hal ini menjadi pemahaman kita bahwa perkawinan antara Olive vs Olive suatu ketika akan menghasilkan anakan olive atau ijo standard sebagai warna aslinya.

Ciri Ciri Lovebird Olive
Paruh dominan berwarna kemerahan yang sangat kontras dengan warna bulunya
Bulu dari kepala sampai badannya berwarna hijau tua kekuningan sehingga berkesan gelap.
Kicauan burung ini lebih kurang sama dengan burung lovebird pada umumnya.

Kisaran harga burung LB Olive saat ini adalah Rp. 300.000,- se ekor.

Untuk mendapatkan mutasi warna lain yang lebih unik, disarankan menjodohkan Olive dengan burung LB yang berwarna cerah seperti Pastel Ijo atau Pastel Kuning agar menghasilkan warna warna yang lebih cerah. Namun jika anda menghendaki turunan yang lebih gelap bisa dipasangkan dengan LB Batman atau Biru Cobalt.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala