Tips Merawat Burung Lovebird Muda

Saat ini Harga Burung Lovebird memang tengah dalam trend yang kurang baik, untuk burung standard dari peternak biasa dan bukan dari trah lovebird juara mengalami grafik yang terus menurun bersamaan dengan Harga Burung Kenari. Burung Lovebird mempunyai banyak jenis warna-warni yang indah sehingga sangat cocok untuk dijadikan momongan "petetan" di rumah sebagai burung yang aktiv berkicau dari pagi hingga sore, sehingga sangat layak burung ini dijadikan sebagai burung hias dan masteran untuk burung berkicau.

Gembala News, kali ini kami ingin berbagi tips ringan Merawat Lovebird Muda, mengapa kita ambil topik yang masih muda, karena burung yang masih muda akan lebih mudah untuk dirawat dan diajari berkicau atau dimasteri. Karena, meskipun burung masteran ternyata burung ini juga bisa menirukan suara burung lainnya, untuk itulah ajarilah burung ini dengan kicauan yang baik-baik.

Burung Lovebird yang  masih muda sebaiknya jangan pernah melewatkan pemberian sayuran kangkung dan jagung muda, karena makanan ini adalah makanan yang paling disukai sebab lunak dan cepat membuat burung menjadi besar. 

Berikan setengah tongkol jagung muda pada setiap sangkar burung lovebird dan 2 batang kangkung yang telah lebih dulu dicuci dari kotoran dan agar pestisida yang menempel larut. kedua makanan ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan burung lovebird muda.

Selain hal makanan, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah faktor minuman dan kebersihan,  minuman burung ini sebaiknya diganti setiap hari dengan air mineral atau air matang yang bersih. Jika anda tak sanggup untuk memberi vitamin maka cukuplah memberikan makanan yang sehat dan minuman yang bersih setiap hari, selain itu sangkar sbaiknya setiap sore dibersihkan. 

Burung Lovebird selain makan sayuran segar dan jagung muda juga makan biji-bijian seperti halnya burung kenari, untuk itu berikanlah milet kenari agar burung cepat besar. Perawatan intensif terhadap burung lovebird adalah dengan memandikan burung ini setiap hari dipagi hari, kemudian menjemurnya. Penjemuran cukuplah 1 jam untuk burung muda, namun bisa ditingkatkan setiap harinya hingga 2 jam.

Penjemuran dipagi hari sangat diperlukan hampir semua jenis burung, agar burung jadi lebih sehat karena mendapatkan asupan pro vitamin D dari sinar matahari. Selain itu penjemuran juga berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang ada di dasar sangkar bekas kotoran.

Burung Lovebird muda sebaiknya dikerodong di setiap malam hari, agar burung merasa hangat dan tidak diterpa angin malam, selain itu kerodong juga berfungsi untuk melindungi burung dari serangan hewan predator seperti nyamuk atau tikus.

Adapun jenis masteran yang tepat untuk burung lovebird adalah Suara Burung Cililin dan suara Lovebird Ngekek Panjang.

Demikian yang dapat kami bagikan dalam hal merawat burung Lovebird, mohon maaf bila yang saya sampaikan ini mungkin kurang sempurna.





0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala