Mengapa Branjangan Mesti diberi Pasir di Dasar Sangkarnya?

Branjangan memanglah burung yang unik dan istimewa, hal ini merujuk pada teknik perawatan, sangkar yang harian yang digunakan maupun kebiasaan lainnya. Dengan keunikan itulah sehingga burung branjangan yang telah gacor atau mau bunyi saja meskipun masih agak liar punya harga yang lumayan tinggi. Untuk hobbies senior mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemberian pasir atau pecahan tulang sotong yang ditaruh di dasar sangkar, namun sebagai pemula tentu saja banyak yang bertanya, Mengapa Branjangan Mesti diberi Pasir di Dasar Sangkarnya? apa nggak bikin kotor ruangan, trus kotoran burungnya gimana? 

Untuk menyingkat waktu dalam menjawab pertanyaan diatas, berikut ini Gembala News ingin mengutip apa yang disampaikan oleh seniornya Branjangan Mania. Yang pasti sangkar branjangan dibuat lebih tinggi karena burung ini dialam liar punya kebiasaan berkicau sambil terbang atau Hovering. Ada pecinta branjangan yang menggunakan sangkar yang tingginya sampai 2 M, hal ini tentu bertujuan agar burung bisa leluasa terbang dan berkicau di dalam sangkar, lebih dari itu juga diberi pasir sperti kebiasaan burung ketika di alam liarnya.

Manfaat Pasir bagi Burung Branjangan

1. Memudahkan kita dalam membersihkan kotoran

Karena dasar sangkar tidak memiliki sekat jeruji, maka kotoran burung akan menumpuk. Jika dibiarkan dalam waktu lama lama, tentu bisa menjadi sarang bakteri atau tungau.

Kotoran yang telah menempel lama pada dasar sangkar tentu menyulitkan kita saat membersihkanya. Dengan adanya pasir yang diratakan pada bagian dasar sangkarnya, maka kotoran akan bercampur sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, bisa mencegah munculnya bakteri atau tungau dari kotoran yang menumpuk.

2. Menjadi media mandi pasir bagi branjangan

Burung branjangan di alam liar menyukai habitat di daerah kering dan berpasir. Branjangan sangat menyukai mandi pasir atau kipu.

Dengan menyediakan pasir pada dasar sangkarnya, burung branjangan akan memanfaatkanya sebagai media untuk mandi pasir. Mandi pasir juga bermanfaat sebagai penghilang stress bagi beberapa jenis burung kicauan lainnya.

3. Membantu dalam pengaturan suhu

Keberadaan pasir pada dasar sangkar burung branjangan juga bisa membantu dalam pengaturan suhu. Seperti diketahui, branjangan sering beraktivitas dalam kondisi atau suhu yang hangat atau panas. Saat dijemur, maka pasir yang ada di dalam sangkar akan menjadi panas, sehingga suhu sangkar terasa hangat sampai kemudian burung beristirahat pada sore harinya.

Pada saat musim hujan atau musim dingin, suhu dalam sangkarnya pun bisa diatur menjadi hangat dengan memberikan pasir yang telah dipanaskan terlebih dulu (disangrai).

4. Bermanfaat sebagai grit dan sumber kalsium

Pasir yang digunakan dalam sangkar branjangan terdiri atas beberapa jenis, tergantung selera dan keinginan perawatnya. Adapun jenis pasir yang paling umum digunakan adalah pasir pantai, pasir zeolit, atau tumbukan bata merah.

Pasir-pasir ini memiliki manfaat sebagai grit yang bisa membantu pencernaan burung, terutama membantu mencerna biji-bijian. Selain itu, banyak penggemar yang mencampurkan parutan tulang sotong ke dalam pasir untuk menjamin ketersediaan kalsium dan mineral lainnya .

Dari sini kita tahu, bila pasir atau tulang sotong yang kita berikan pada burung branjangan memiliki manfaat yang bagus bagi burung branjangan seperti halnya burung kenari, derkuku, perkutut yang sama-sama burung pemakan biji-bijian.

Nah, sekarang kita sudah tahu bukan manfaat dari Pasir, bubuk batubata, tulang sotong bagi burung pemakan biji-bijian... semoga bermanfaat yaa..... temukan artikel menarik lainnya seputar pemeliharaan burung dan hewan sejenis hanya di Gembala


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala