Sifat dan Ciri Khas Burung Sikatan

Burung Sikatan yang sering kita jumpai dan disukai oleh pecinta burung adalah Jenis Burung Sikatan Belang yang memiliki warna hitam kecokelatan dengan kumis yang kaku sebagai alat navigasi burung ini sehingga burung memiliki kepekaan yang sensitif. Burung Sikatan atau Burung Kipasan merupakan burung yang unik dengan sifat dan kebiasaan yang indah. Burung ini juga tampak kerap sekali hinggap ditanah untuk bermain atau mencari makan.


Makanan Burung Sikatan
Burung ini merupakan burung pemakan serangga kecil yang lincah, terbang dari satu tangkai dahan ke tangkai yang lain, dari satu rerimbunan ke semak-semak yang lain. Karena kelincahannya itulah sehingga serangga yang terbang dapat ditangkap dan dimangsa dengan cepat. Adapun jenis serangga yang kerap disantap Sikatan adalah Lalat, Ulat, Undur-undur, anak belalang, anak jangkrik, laba-laba kecil, ikan kecil, anak kodok bahkan cacing.

Kebiasaan Mandi Burung Sikatan
Burung yang lincah ini memiliki sifat fighter, sehingga burung kecil lain seperti burung prenjak atau ciblek yang mencoba mendekati sarangnya akan diserang atau diusir dari lokasi tempatnya mencari makan, burung ini juga punya mental yang bagus sehingga mudah beradaptasi dan tak takut dengan aktivitas manusia. Meskipun dipelihara dalam sangkar yang kecil ekor burung ini jarang ada yang rusak apalagi menabrakkan kepala ke sangkar. Namun dalam pemeliharaan sebaiknya tetap di pelihara dalam sangkar yang pas dengan ukuran minimal 35x35x65.

Di alam liar burung Sikatan juga suka bermain di sekitar air, sehingga aktivitas burung ini mudah didapatkan di daerah pinggiran sungai, mereka akan bermain di bibir sungai untuk mandi maupun mencari makanan. Sehingga kebiasaan ini sebaiknya diterapkan saat burung berada dalam pemeliharaan manusia, yaitu dengan sering mengganti tempat minum atau tempat mandi setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pagi hari dan sore hari.

Mengipaskan Ekor
Kebiasaan atau sifat unik burung Sikatan dalam mengipaskan ekor adalah sebuah ciri khas, kebiasaan itu ditunjukkan burung saat berkicau maupun bermain dengan maksud untuk menunjukkan daerah kekuasaannya kepada lawannya atau burung lain. Karena kebiasaan itulah sehingga burung sikatan kerap disebut juga sebagai burung kipasan

Itulah Sifat dan Ciri Khas Burung Sikatan yang dapat saya simpulkan berdasarkan aktivitas burung tersebut di sekitar rumah, pinggir hutan dan pinggir sungai. Semoga khalayak yang memelihara burung ini bisa memelihara burung ini dengan sebaik mungkin dan memberi pakan utama sebagai makanan harian meskipun burung ini telah anda ajarkan mengkonsumsi Voer.

Andai saja burung sikatan ini sebesar ayam, mungkin saja burung ini akan semakin mempesona sebagaimana kita mengagumi keindahan dari burung merak.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala