Perawatan Burung Murai Batu Samurai Om Deni

Ilustrasi Murai Medan
Seperti kicaumania yang lain dalam merawat burung gacoannya, Burung Murai Batu yang bernama Samurai yang dimiliki oleh Om Deni memiliki cara tersendiri dalam mempersiapkan burung untuk dilombakan. Om Deni telah memahami karakter dari Samurai sehingga dia akan lebih mudah dalam mengatur porsi makan maupun perawatan lainnya. 

Gembala News mengutip apa yang disampaikan oleh om kicau, bahwa burung murai batu milik om deni memiliki perwatan yang berbeda daripada model perawatan harian ketika akan dilombakan. inilah Perawatan Burung Murai Batu Samurai  Om Deni :
  • Setiap Pagi burung dikeluarkan, dan dianginkan (digantung) sebentar di teras.
  • Sekitar pukul 09.00, burung mandi (dikaramba) dan kembali dianginkan, sambil diberi 5 ekor jangkrik dan kroto secukupnya.
  • Setelah bulu agak kering, Samurai langsung dijemur selama 1-2 jam, tergantung cuaca.
  • Mulai Jumat (H-2), dilakukan penambahan menu berupa 3 ekor ulat hongkong. Porsi jangkrik dan kroto tidak berubah.
  • Hari Sabtu, setelan extra fooding (EF) masih sama seperti Jumat.
  • Minggu pagi sebelum lomba, burung dimasukkan ke keramba mandi. Tetapi kalau nggak mau mandi tidak akan dipaksa. Yang penting 5 ekor jangkrik, kroto secukupnya, dan 3 ekor ulat hongkong mesti disediakan sebelum berangkat lomba.
Itulah tips Cara merawat burung murai batu Samurai yang saat ini tengah naik daun setelah melalui masa mabung. Meskipun belum maksimal namun terbukti bila Samurai mampu bekerja dengan baik di arena lomba.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala