Cara Membersihkan Sisik Kaki Burung

Sisik yang terdapat pada kaki burung membuat tampilan burung menjadi kurang  indah, tampak kering dan tampak jorok, lebih dari itu sisi pada kaki yang terdapat pada lutut maupun jari jarinya seakan menyiksa bagi burung tersebut bila burung tersebut ada cincinnya. Sebagian Kicau Mania ada yang memilih menyopot cincin tersebut dengan memotong memakai gergaji atau tang, selain itu ada juga yang memilih membersihkan sisiknya.

Sisik pada kaki dan jari tersebut dapat dibersihkan dengan cara :
  • Pegang burung dengan tangan hingga siburung merasa nyaman dan dengan posisi kaki burung berada diatas. 
  • Basahi kakinya dengan air hangat atau bisa juga dengan yang sudah dicampur dengan garam secukupnya lalu perlahan kupas sisik satu persatu hingga mengelupas sambil tetap dibasahi dengan air hangat atau yang sudah dicampur dengan garam tadi.
  • Setelah itu masukan burung kedalam karamba mandinya. 
  • Setelah proses tersebut biasanya burung akan dalam kondisi stress dan tidak berbunyi selama beberapa hari, oleh karena itulah burung harusnya langsung disendirikan dengan pemberian EF yang full terus terusan hingga kondisi burung balik lagi ke normal ( rajin bunyi ).
Sebenarnya membersihkan sisik kaki burung selain dengan air hangat seperti tersebut diatas, dapat juga dilakukan dengan cara menggunakan Minyak Tawon, seperti yang pernah kami terapkan pada Burung Kenari

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala