Penyakit Jamur Butuk (bubulen) Pada Kaki Burung Kenari

Burung Kenari merupakan burung hasil ternakan, burung ini sangat rentan terhadap berbagai serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Penyakit yang paling sering menyerang burung kenari adalah Sesak Nafas dan Jamur Butuk pada kakinya sehingga akan mengurangi keindahan burung tersebut dan membuatnya tampak lebih tua dari usianya. Selain itu, butuken pada kaki burung kenari ini juga mengurangi performance kicauannya.

Cara mencegah burung kenari agar tidak terkena serangan jamur butuk adalah dengan menjaga kebersihan sangkar dari kotoran kenari. Kotoran burung yang mengandung bakteri e. coli dan bakteri lainnya mengancam tumbuhnya jamur pada kaki burung. sehingga burung akan tampak lebih cepat tua dan bersisik, pada awalnya burung tetap berkicau, namun dengan kesehatannya yang terganggu itu kicauan burung kenari akan sedikit berkurang bahkan berhenti.

Bila burung kenari telah terserang jamur sisik pada kaki yang tidak wajar, hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan minyak tawon secara rutin pada kaki tersebut, selain itu, menjaga kebersihan kandang lebih penting dari pengobatan.

Selain dengan minyak tawon, ada produk om kicau yang dijual di pasaran khusus untuk penanganan jamur kaki, yaitu Bird Cream - namun saya belum pernah menggunakannya.

Butuken (bubulen) adalah penyakit jamur pada burung kenari, ini adalah istilah jawa, untuk istilah internationalnya Putera gembala kurang begitu memahami.

3 comments:

Banyuwangi Lukman said...

salam kenal Bos
obat buat kenari yg kakinya jamuran apa ya?
saya pernah coba minyak tawon tp kok malah parah ya,,,,,,
kakinya tmbah bengkak & dipatok smpek pretel/ putus
minta tips yg ampuh dong bos??????

Putera Gembala said...

Pengalaman saya gan, kaki kenari yang jamuran (bubul/butuk) bisa dibersihkan dengan minyak tawon, rendam kaki pakai minyak tawon 3 menit aja kalau parah, kalo jamurnya ringan cukup ditetesi sampai lunak, kemudian jamur akan lepas (mreteli) sendiri atau dikupas pelan pelan.

Putera Gembala said...

Kalau anda kelupasi harus pelan pelan lho yaa... kasian kenarinya kesakitan...

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala