Cara Merawat Burung Cendet Muda Hutan

Hal penting yang harus diketahui bahwa burung cendet adalah burung predator pemakan serangga dan binatang kecil. di alam liar burung cendet akan gemar memakan jangkrik, belalang, kupu, kupu, semut, kadal, cicak, burung pleci, burung pipit dan berbagai binatang kecil lainnya seperti kalajengking. Bila anda hendak memelihara burung Cendet hasil tangkapan hutan yang anda beli di pasar maupun hasil dari menangkap sendiri maka anda harus mengetahui makanan kesukaannya terlebih dahulu.

Agar memudahkan dalam pemberian pakan, burung tidak mengalami ketelatan makan maka makanan yang paling mudah untuk diberikan adalah jenis Ulat Kandang. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan Ulat kandang dengan Vour, kemudian burung letakkan di tempat yang sepi dalam 2 hari, biarkan burung terbiasa makan dengan nyaman di dalam sangkar. 

Bila anda ada waktu maka sempatkan untuk memantau keadaan burung 2 jam sekali. Bila tidak cukuplah melihatnya 3x sehari saat anda mau istirahat. sambil berikan 2 ekor jangkrik. Jadi berikan jangkrik 2 ekor dipagi hari, 2 ekor di siang hari, 2 ekor di sore hari saat burung mau tidur.

Pengasingan ini kita istilahkan saja dengan karantina, selama masa karantina burung sebaiknya tidak usah dimandikan maupun di jemur. Pemandian dapat dilakukan setelah burung mampu bertahan hidup hingga 2  minggu, pemandian juga tidak perlu sampai basah kuyup, cukup basah saja kemudian di jemur sampai kering dan di simpan lagi di ruang karantina.

Umumnya, bila burung mampu bertahan hidup setelah 2 minggu, burung akan hidup selamanya. Selanjutnya baru diatur bagaimana membuatnya jinak, dan membuat si burung cendet mau berkicau.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala