Burung Butuh Stamina dan Istirahat yang Cukup Agar Rajin Berkicau

Gembala News, Surabaya | Sahabat kicau mania, agar burung rajin berkicau seperti yang kicau mania inginkan maka seekor burung harus memiliki stamina yang prima, fisik yang sehat dan berada pada performance terbaik. Selain itu, lingkungan yang sehat, tenang dan jauh dari gangguan juga sangat mempengaruhi performance burung.

Pernyataan diatas merujuk pada pengalaman pribadi Putera Gembala yang sudah menggeluti dunia burung selama 4 tahun terakhir. Burung burung yang ditempatkan di garasi kos kosan dengan aktivitas 24 jam selalu ramai dengan kendaraan roda empat/dua, suara bising ac, suara klakson, suara teriakan dan berbagai aktivitas manusia lain yang membuat burung terusik dan kenyamanan tidurnya terganggu ternyata mengganggu performancenya saat berkicau. 

Untuk burung yang telah terbiasa hidup bersama manusia dengan lingkungan yang tenang seperti di komplek perumahan bukan di pinggir jalan raya, butuh beberapa bulan lamanya untuk membiasakan burung tersebut berada dilingkungan yang bising. burung bahkan ada yang berhenti total selama 3 bulan lebih, namun ada juga burung yang siap mental dalam waktu seminggu saja sudah mau berkicau lagi.

dialam liar, burung akan istirahat dimalam hari sejak  matahari terbenam hingga matahari akan terbit (fajar), dengan kecukupan waktu istirahat itu burung akan memiliki kesehatan dan kekuatan fisik yang cukup, sehingga di pagi hari, siang  hari bahkan sampai sore, burung akan memiliki tenaga untuk berkicau.

Bila terpaksa anda berada dilingkungan seperti yang dialami oleh admin Gembala News diatas maka bila ingin memelihara burung, sebaiknya memelihara dari burung masih bakalan,  karena bila membeli burung yang sudah jadi di kwatirkan burung akan mengalami stress sehingga burung akan rusak.

Teknik memberi kerodong memang sedikit membantu untuk memberi kenyamanan, namun suara bising dan terkadang dikejutkan dengan klakson mobil tetap saja sulit untuk di hindari. Untuk membiasakan burung dalam suasana seperti tersebut anda harus bersabar dalam beberapa bulan sampai burung benar benar tebal kuping sehingga kuat menghadapi perubahan lingkungan sekitar.

Salam Kicau Mania...


1 comments:

Unknown said...

jasa google asense hanya Rp.30.000 full approved, pembayaran setelah jadi, berminat? hub. nasori 02168936593, 083871231893

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala