Tips Merawat Burung Madu atau Kolibri

Sangat sering kita terpesona dengan aksi dan kicauan burung pemakan madu atau nektar bunga, sehingga tak jarang kita pun berharap bisa memeliharanya untuk kicauan dirumah, padahal burung pemakan nektar bunga atau burung madu ini termasuk burung yang dilindungi. Mengapat dilindungi? karena keberadaan burung ini di alam memang sangat berguna dalam hal untuk kelestarian tanaman sebagai burung yang membantu penyerbukan bunga. Jika anda tidak  mengetahui bagaimana cara merawat burung pemakan madu atau kolibri, maka lebih baik jika burung ini tetap dibiarkan hidup bebas.

Khusus untuk anda penghobi burung kolibri atau penghisab madu, berikut ini akan saya bagikan tips Cara Merawat Burung Madu atau Kolibri :
  • Rawatlah burung madu dari anakan atau trotol, karena burung yang telah besar akan sangat sulit untuk dijinakkan atau mau berkicau.
  • Burung kolibri muda cukup diberi susu kental manis tanpa dicampur air, satu sachet susu kental manis dimasukkan dalam wadah atau cepuk, kemudian susu tadi tetesilah dengan air barang 3 tetes tanpa kita mencampurnya. 
  • Selain susu yang  manis, kita juga harus menyediakan air minum yang terpisah dan bersih, air ini sebaiknya diganti setiap hari.
  • Kolibri dapat dimandikan dengan semprotan yang halus, kemudian dijemur sebentar, karena burung ini sangat tidak kuat dengan terik matahari.
  • Sebagai pakan tambahan, berilah ulat kandang yang dicampur voer halus, kroto juga dapat diajarkan untuk dimakan agar burung selalu sehat.
  • Burung yang masih muda sebaiknya dimaster dengan kicauan yang merdu, seperti kicauan burung kenari atau burung blackthroat.
  • Setiap malam sebaiknya burung dimasukkan ke dalam rumah agar burung tidak kena angin malam dan serangan predator. Untuk menciptakan suasana yang nyaman sebaiknya burung dikerodong di malam hari. 

Demikian lah yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.... 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala