Perawatan Burung Kacer Mabung atau Ngurak

Sebagaimana kita ketahui bersama, bila kejadian mabung pada se ekor burung adalah sesuatu yang wajar, karena dengan mabunglah burung akan kembali mendapatkan bulu-bulu muda yang lebih halus dan lebih bagus. Di alam liar burung kacer bisa mendapatkan berbagai asupan makanan sesuai dengan selera dan pilihannya agar bisa melalui masa mabung yang melelahkan dan membutuhkan banyak nutrisi untuk mendapatkan bulu baru yang lebih bagus, halus dan mengkilap.

Burung Kacer Mabung
Menganalisa kebutuhan akan nutrisi yang tinggi itu maka sudah selayaknya pula bila kita merawat burung yang sedang mabung harus memberikan makanan yang berkualitas dengan gizi yang cukup agar kebutuhan nutrisi terjamin. 

Bila kebutuhan nutrisi kurang, maka dapat dipastikan bulu yang baru tumbuh akan menjadi kurang baik, seperti keriting atau gampang patah. Selain itu selama masa mabung perawatannya juga berbeda dengan burung yang dalam kondisi normal atau perawatan harian. Sebagai gambaran umum dalam merawat burung kacer yang sedang mabung, berikut ini akan saya bagikan Perawatan Kacer Mabung atau Ngurak agar selepas mabung burung memiliki bulu yang bagus dan berkicau dengan rajin.

Perawatan Kacer saat Mabung :
  • Burung sebaiknya di full kerodong, dibuka hanya saat diberi makan dan dibersihkan sangkarnya.
  • Penjemuran juga harus di kurangi atau hanya sesaat sekitar 15 menit dipagi hari sambil dibersihkan sangkarnya.
  • Setiap pagi sekitar pukul 6.30 burung dikeluarkan dari rumah trus diberi jangkrik 5 ekor, kroto 1 sendok teh, Voer ditambah atau diganti.
  • Sangkar dibersihkan dua hari sekali.
  • Setiap sore sekitar pukul 17.00 burung dikeluarkan lagi dari rumah, dibuka kerodongnya sebentar terus diberi jangkrik 5 ekor dan UH 5 ekor.
  • Baik pagi hari atau sore hari, setelah burung diberi makan, sangkar kembali dikerodong.
  • Pemasteran dapat dilakukan sepanjang malam atau di siang hari, karena saat dikerodong itulah burung sedang istirahat sehingga bisa merekam suara masteran dengan lebih baik.
  • Seminggu sekali, misalnya di hari sabtu burung dilepaskan ke keramba dan biarkan mandi sendiri, seandainya tidak mau mandi pun jangan dipaksakan. Setelah mandi burung cukup di angin-anginkan.
  • Jangan menjemur burung yang sedang mabung, karena terik matahari akan merusak bulu-bulu halus burung kacer yang sedang mabung.
  • Selama mabung pula, sebaiknya burung tidak dilombakan karena burung yang sedang mabung kondisi psikis dan kesehatannya sedang menurun, sehingga bila dipaksakan bekerja tentu saja akan berakibat mental burung menjadi menurun bahkan burung bisa menjadi down.
  • Pemasteran burung kacer selain menggunakan media elektronik juga dapat menggunakan masteran alami, yaitu dengan menempel burung master disekitar sangkar kacer, adapun burung master yang dapat di dekatkan seperti Cucak Jenggot, cucak rawis, lovebird, kenari.
  • Lamanya pemasteran sangat tergantung pada kondisi  masing-masing burung dan lingkungannya, lingkungan yang tenang dan nyaman akan mempercepat proses mabung karena burung merasa tidak terancam jiwanya sehingga tidak ragu untuk merontokkan bulu-bulunya.

Saat mabung inilah saat yang kritis bagi seekor burung peliharaan, karena seseorang akan merasa bosan sebab burung menjadi pendiam atau menurun ocehannya. bila gagal melalui masa mabung dengan baik, biasanya performance burung sesudahnya juga akan kurang baik. Untuk itu rawatlah dengan penuh kesabaran dan konsisten untuk burung Kacer  yang sedang mabung.

Mungkin apa yang saya bagikan ini tidaklah sempurna, silahkan dianalisa dan ditambah atau dikurangi metodenya dan disesuaikan dengan karakter burung kacer anda. karena beda burung terkadang beda karakternya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala