Cara Mengirim Burung Dari Surabaya ke Jakarta Pakai Herona

Hobby burung bukan hanya sekedar kesenangan belaka, namun hobi ini bisa menjadi ladang bisnis, tak terkecuali adalah bisnis pengiriman burung dari satu kota ke kota yang lain. Kali ini saya ingin berkoar tentang pengalaman mengirim burung dari kota Surabaya menuju ke Kota Jakarta dengan moda transportasi darat - Kereta Api. Adapun ekspedisi yang digunakan adalah Xpdc Herona Exspress.

Mudahnya prosedur pengiriman burung dengan Ekspedisi Herona itulah yang menjadi alasan saya menggunakan moda transportasi ini, sebelum mengirim burung dengan jasa ekspedisi maka pertimbangkanlah kondisi burung, beberapa hal berikut ini mungkin bisa jadi acuan :
  • Burung yang dikirim sebaiknya burung yang masih bakalan tapi sudah mau makan voer, karena burung bakalan sudah pasti harganya lebih murah, sehingga burung yang baru tiba di kota lain jika mengalami stress pembeli tidak akan begitu kecewa karena memang harus menyeting atau merawat lagi dari awal. Mau makan voer karena itu untuk jaminan burung tetap makan saat diperjalanan. 
  • Pertimbangkan harga burung dengan biaya pengiriman, untuk  itu belilah burung dari peternak langsung atau burung dari endemik aslinya, yang mana harga ditempat anda jauh lebih tinggi dibandingkan dari kota asal.
  • Jika yang dikirim adalah burung yang sudah mapan maka ada konsekuensi burung harus dikarantina beberapa hari setiba dikota tujuan.
  • Untuk burung bakalan bisa dikirim lebih dari 1 ekor burung dalam satu sangkar besar, karena ongkos pengiriman juga sama antara 1 ekor dengan 5 ekor.
  • Pihak xpdc tidak menjamin kesehatan burung, untuk itu di dalam sangkar wajib disediakan makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan 10 jam. 
  • Burung harus dikerodong dan diberi pengaman atau di ikat di semua sisi, sehingga sangkar tidak terbuka dan burung tidak bisa lepas.
Burung yang sudah di pack dan siap kirim
Setelah semua persiapan dilakukan barulah burung di bawa ke kantor Xpdc yang umumnya ada di stasiun kereta api, agar burung tidak terlalu lama merasa bosan dan stress, sebaiknya anda mengetahui jam keberangkatan dan jam kedatangan di kota tujuan. Jeda waktu antara anda menitipkan burung pada expedisi dan keberangkatan sebaiknya tidak lebih dari 2 jam, dan di kota tujuan sudah ada yang menanti kedatangan burung tersebut, sehingga akan lebih cepat dilakukan tindakan lebih lanjut setelah burung melakukan perjalanan jauh.

Biaya Pengiriman tahun 2014, sangkar kecil Rp. 150.000, Sangkar Besar Rp. 250.000,- (semoga tidak ada kenaikan, he he he he.... )

Untuk info lebih lanjut dan akurat, silahkan lebih dulu menghubungi Herona Ekspress...

Setelah burung dikirim, jangan lupa berda "Semoga Selamat Sampai Tujuan..."


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala