Pakan Nabati Sebagai Alternatif Food Burung Murai, Kacer, Tledekan, Cendet

Selama ini kita selalu disibukkan dengan settingan atau cara memberi makanan Extra Food untuk burung pemakan serangga, padahal burung ini dialam liar juga gemar mengkonsumsi makanan nabati untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuhnya namun dalam jumlah yang sedikit. EF dari bahan serangga diyakini memiliki kandungan potrein yang tinggi yang akan membuat burung menjadi rajin berkicau, nah bagaimana ceritanya bila kebutuhan protein itu kita alihkan dengan memberi protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan. 

Sebelum mengungkap lebih jauh cara membuat pakan nabati untuk burung Murai, Kacer, Tledekan maupun Cendet, saya pernah mengetahui seorang Cendet Mania yang suka memberi Tahu mentah untuk burung Cendet kesayangannya seminggu sekali, selain memberinya Voer sebagai makanan pengenyang. Katanya sih Tahu Mentah juga merupakan makanan tambahan biar burung jadi lebih sehat dan rajin berkicau.


Gembala News mengutip apa yang disampaikan oleh seorang kicau mania tentang cara membuat pakan  alami nabati (natural food/bukan extra food) untuk burung pemakan serangga seperti Murai Batu, Cendet, Kacer, Cucak Ijo maupun Tledekan. Pakan ini disukai oleh burung yang sudah doyan voer maupun yang masih baru alias burung tangkapan hutan. Bahan utamanya adalah kacang tanah. Berikut cara membuatnya :

1. siapkan kacang tanah yang sudah dikupas kulit luarnya -/+ 1/4 kg
2. goreng sangan tanpa minyak, atau gunakan pasir yang sudah dicuci bersih sebagai pengganti minyak (jika dirasa repot, bisa beli kacang garing rasa original jangan yang asin di warung)
3. setelah matang angkat dan kupas kulit arinya, jangan lupa sisihkan yang gosong, jika ada
4. gerus atau tumbuklah sampai lembut
5. simpan bubukan kacang ini dalam toples tertutup dan tempatkan di tempat yang teduh dan kering
6. berikan pada burung secukupnya seperti pemberian voer biasa, taruh dalam cepuk.

Menurut pengalaman mereka, Bubuk kacang ini beraroma gurih, disukai semua burung pemakan serangga baik yang sudah doyan voer maupun yang belum. Burung tangkapan hutan baru biasanya juga mau makan pakan ini.

dikutip dari komentar IRAWAN ASSARIF 25/07/2014 pukul 16:19

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala