Cara Lain Mengatasi Cendet Salto

Meskipun Salto adalah salah satu keunikan dari keahlian burung Cendet, namun bila kebiasaan ini berlangsung terus menerus tentu saja akan sangat nyaman bagi penikmat kicauan burung cendet. Untuk itu berbagai macam cara mengatasi cendet agar tidak salto saat berkicau dan saat di lombakan telah dilakukan para Cendet Mania. Kali ini Gembala News mendapatkan masukan baru dari CMN tentang Cara Mengatasi Cendet Salto.

Ini adalah gambar cendet yang diterapi keramba agar burung tidak terbiasa salto saat di dalam sangkar.

Cendet di terapi keramba biar gak salto, pict by CMN
Menurut saya, mengajari Cendet biar mau mandi di keramba memang langka dan agak sulit karena burung ini banyak yang takut air karena bukan tipe burung yang suka bermain di air, berbeda dengan kacer atau tledekan yang suka bermain air dan tempat becek saat di alam aslinya.

Mungkin anda akan bersusah payah memasukkan cendet ke dalam keramba itu, namun dengan memancing cendet menggunakan jangkrik di dalam keramba bisa menjadi solusi, caranya tentu saja dengan membuka kedua pintu sangkar antara pintu keramba dan pintu sangkar bersamaan yang di hadapkan dan saling tempel. Dengan usaha memancing pergerakan cendet menggunakan Jangkrik ternyata lebih cepat dan mudah bila dibandingkan dengan mengusir cendet dari satu sangkar ke dalam keramba.

Kronologisnya, burung cendet yang suka salto di dalam sangkar keramba tidak mungkin salto karena dasar dari keramba penuh dengan air, bila sekali saja bertingkah salto tentu saja kepala atau badannya akan terendam air yang mengakibatkan burung terkejut dan merasa jera bertingkah salto. dengan melakukan beberapa kali terapi, saya perkirakan kebiasaan salto itu akan sembuh dengan sendirinya. 

Baru beberapa orang saja dari sekian banyak pecinta cendet yang telah melakukan uji coba ini, mungkin perbedaan karakter sehingga burung tidak bisa di sama ratakan metode perawatannya. Kenali karakternya dan pelajari kemauannya, dengan perawatan yang sabar dan konsisten saya yakin burung cendet akan menjadi burung cerdas dan membanggakan.

Baca juga : Atasi cendet salto dengan 1 tenggeran/pangkringan


Salam Cendet Mania

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala