Cara Bikin Trucukan Betina Ropel

Karena begitu banyaknya pecinta burung Trucukan, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips Cara Bikin Trucukan Betina Ropel. Mengapa yang betina? karena burung trucukan yang jantan saya perkirakan semua akan ropel bila burung telah merasa nyaman ditempatnya. Bila burung tidak  merasa nyaman dan aman di lingkungannya maka burung jantan maupun betina tidak akan mau berkicau ropel, sebagai kicauan paling favorite untuk burung trucukan.





Selain tempat yang nyaman dan aman, faktor makanan juga mempengaruhi. untuk itu selalu lah beri makanan yang dia sukai, yaitu 1 buah pisang kepok segar setiap 2 hari sekali, Voer yang bersih dan cukup gizi, Jangkrik 2 ekor kalau si burung mau, jika diberi jangkrik tidak mau makan maka penggantinya adalah berikan Ulat Hongkong 4 atau 5 ekor stiap harinya. 


Untuk burung jantan mungkin tidak terlalu jinak pun akan ropel bila perut kenyang, namun tidak demikian untuk burung Trucukan Betina. Setelah burung jinak atau paling tidak jinak lalat dan tidak lagi takut dengan aktivitas manusia, barulah burung betina akan kerja ropel - meskipun dengan volume yang tidak terlalu keras.

Sebagaimana penjelasan dan sharing teman teman di Trucukan Mania, burung Betina Trucukan juga ditandai dengan aktivitasnya yang giras, suka terbang kesana kemari dan burung akan lebih galak bila telah mencapai titik brahi. Selain itu jambul burung betina juga jarang terlihat.

Tulisan pengalaman ini saya bagikan karena saya baru saja mengadopsi se ekor burung trucukan yang sudah ropel dengan volume kecil, namun burung sangat jarang menampakkan jambulnya, burung juga berbadan kecil dengan suara standard jog jog jog yang lebih keras, tidak ada sehelai rambut pun dileher, maka saya simpulkan bila burung trucukan ini adalah burung Betina.

Dari uraian diatas dapat saya persingkat bila Cara Bikin Trucukan Betina Ropel adalah dengan memberi pakan seperti tersebut diatas, dengan kuncinya adalah memberi UH 5 ekor setiap pagi atau siang hari, setelah itu burung akan ropel pelan seharian.

Demikian catatan saya hari ini 03/06/2014 di Soerobojo...  salam ropel mania....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala