Solusi Cendet Stress dan Salto

Ciri Ciri Burung Cendet Stress sangatlah beragam, umumnya burung akan bertingkah gak karuan dan berusaha keluar dari sangkar bahkan tak  peduli keselamatannya, suka membanting badan salto dan rolling ke lantai sangkar. Kondisi seperti ini benar-benar memprihatinkan, burung yang awalnya berkicau dan gacor bisa berhenti total karena kondisi psikis burung tertekan yang di istilahkan juga dalam kondisi stress. Banyak cendeters junior yang galau karena burung sudah berbulan-bulan tak kunjung diam.

Setelah mengalami masalah seperti tersebut diatas, kali ini saya ingin berbagi pengalaman lewat tulisan sederhana dibawah ini tentang Cara Mengatasi atau Solusi Mengatasi Burung Cendet Stress dan suka bertingkah salto :
  • Tahap awal burung diasingkan dari burung sejenis, atau burung dikarantina - dikerodong dan hanya diberi makan sewajarnya selama 3 hari 3 malam.
  • Di hari berikutnya burung dikeluarkan di fajar hari atau diembunkan, kemudian jam 7 pagi burung dimandikan, biarkan sampai kering dan jangan buru-buru di beri makan. Biarkan burung tampak lemah, bila perlu dijemur ditempat yang jauh dari aktivitas manusia maupun burung lain. Setelah 1 jam burung diasingkan barulah diberi makan Jangkrik menggunakan tangan 1 ekor saja.
  • Pantau terus kondisi burung, apakah terus salto atau mulai tenang karena burung lapar? jika burung tampak lemah berikan lagi jangkrik 1 ekor pakai tangan, istilahnya burung memang sengaja dibuat lapar dan biar tergantung makannya pada manusia, sehingga burung tidak takut lagi bila didekati, rasa cemas dan tekanan psikisnya akan berubah karena hidupnya bergantung pada manusia.
  • Beranjak siang burung barulah diber Voer dalam jumlah yang terbatas, diperkirakan habis dimakan hingga siang saja, sedangkan sore hari akan kehabisan voer lagi. 
  • Kemudian sore hari sekitar pukul 5 burung di pantau lagi, kemudian beri makan jangkrik dengan tangan 2 ekor saja. Setelah matahari tenggelam barulah burung dikerodong.
  • Lakukanlah terapi lapar dan pemberian makan menggunakan tangan ini selama 3 hari atau sampai burung tampak mulai jinak dan tidak banyak tingkah bila di dekati, bila burung telah benar benar manja dan tak takut lagi dengan manusia, barulah model pemberian makan menggunakan tangan di hentikan, karena bila burung terlalu manja juga kuranga baik.

Menurut saya, terapi lapar dan burung dibuat manja terbukti ampuh untuk menjinakkan dan menghilangkan stress burung cendet yang tingkahnya bermacam-macam, salah satunya adalah suka salto. Demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala