Beda Burung, Beda Karakter, Beda Pula Cara Merawatnya

Banyaknya tips atau cara merawat burung dari berbagai sumber terkadang membuat newbie menjadi bingung menentukan model perawatan untuk burung kesayangannya. Misalkan saja burung cendet, meskipun sama-sama burung cendet namun model perawatan bisa saja berbeda untuk mencapai puncak prestasinya, karena jenis burung yang sama, karakter atau sifatnya bisa saja berbeda sehingga tuntutanan perawatan pun berbeda. 

Sebagai pecinta burung, kita harus memahami karakter dari burung yang kita pelihara, kita tidak bisa memaksakan satu burung dirawat seperti burung lainnya, atau menggunakan setingan orang lain karena dianggap paling TOP. Hal ini sesuai dengan filosofi manusia  juga, dimana setiap orang juga memiliki kapasitas dan kapabilitas yang tidak sama. ada orang yang makan sehari cukup 1 piring nasi, ada juga yang harus makan nasi 3 piring sehari.

Banyaknya model perawatan burung cendet maupun burung lain, yang kami bagikan di Gembala News, hanyalah sebagai perbandingan atau referensi yang mungkin cocok dengan karakter burung yang anda pelihara. Untuk itu anda juga patut melakukan riset setingan pakan yang pas sesuai kebutuhan burung itu sendiri.

Tidak hanya soal pakan, melainkan juga teknik perawatan lain seperti waktu mandi, penjemuran maupun kerodong. Ada burung yang harus dimanikan sehari dua kali, namun ada juga burung yang cukup dimandikan seminggu satu kali. Ada burung yang harus dikerodong siang dan malam hari, ada juga burung yang tak perlu dikerodong untuk bisa tidur tenang.

Karena perbedaan karakter atau sifat itulah, anda bisa melakukan berbagai percobaan setingan perawatan hingga anda menemukan setingan yang pas untuk burung kesayangan anda. Setiap perubahan setingan untuk menemukan hasilnya dapat di coba selama 1 minggu, bila anda merasa tidak cocok, bisa mencoba setingan lain di minggu berikutnya.

Salam Kicau maniak...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Tentang Artikel ini...

Followers




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Infoting | Bloggerized by Putera Gembala